Bantai Turki 3-1, Peluang Swiss Raih Tiket 16 Besar Terbuka

oleh -0 views
Swiss menaklukkan Turki dengan skor 3-1. (Foto: AP/Valentyn Ogirenko)

PEKANBARU-Swiss berhasil mengalahkan Turki dengan skor 3-1 di Euro 2020 (Euro 2021). Hasil ini membuka peluang Swiss lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Swiss berhasil unggul dua gol atas Turki di babak pertama.

Gol tersebut diciptakan Haris Seferovic dan Xherdan Shaqiri. Seferovic mencetak gol di menit keenam. Menerima sodoran bola dari Steven Zuber, Seferovic melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti dari posisi yang terbilang sulit.

Bola meluncur ke pojok kiri gawang tanpa bisa dihalau kiper Turki, Ugurcan Cakir. Pada menit ke-26, Swiss menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat Xherdan Shaqiri. Kembali bermula dari sodoran bola Zuber, Shaqiri melepaskan tendangan jarak jauh lewat kaki kanannya. Bola langsung melesat ke pojok kiri atas tanpa bisa dijangkau Cakir.

Tertinggal dua gol di babak pertama, Turki berusaha keras untuk mencetak gol ke gawang Swiss di babak kedua. Upaya Turki membuahkan hasil di menit ke-62.

Tendangan kaki kiri Irfan Kahveci dari luar kotak penalti bisa bersarang di pojok kanan gawang Swiss tanpa bisa dijangkau oleh Yann Sommer.

Namun kegembiraan Turki tak bertahan lama, enam menit berselang, Swiss kembali mencetak gol ke gawang Turki. Shaqiri mencetak gol kedua di laga itu, lagi-lagi hasil umpan Zuber, dan membuat Swiss unggul 3-1.

Dengan koleksi empat poin di tangan saat ini, Swiss punya peluang bagus untuk terpilih jadi salah satu peringkat tiga terbaik. Dari enam grup yang ada, empat peringkat tiga terbaik bakal ikut lolos ke babak 16 besar. (*)

Susunan Pemain
Swiss (3-4-1-2):
Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; Kaan Ayhan; Cengiz Under, Ozan Tufan, Irfan Kahveci, Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia