5 Buah-buahan Lokal Berikut Ini Kaya Vitamin C

oleh -0 views
Jambu biji. (Foto: iStockphoto/Murilo Gualda)

PEKANBARU-Selain vitamin, pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman) disarankan banyak konsumsi buah, untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Tidak hanya buah import, buah-buahan lokal juga baik untuk pasien Covid-19.

Anda yang ingin mengirimkan bingkisan untuk kerabat yang sedang terkena Covid-19, sebaiknya memilih parsel berisi buah-buahan. Sebab buah segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan pasien Covid-19.

Tidak perlu bingung memilih antara buah lokal atau impor. Buah-buahan lokal juga banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan pasien Covid-19 agar lekas sembuh.

Selain vitamin C, buah lokal juga cenderung kaya akan antioksidan yang membantu proses degenerasi sel. Makan buah lokal berarti juga membantu menjaga kesehatan. “Rata-rata buah lokal tinggi vitamin C, polifenol, dan beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi [zinc],” kata ahli kesehatan masyarakat, dokter Tan Shot Yen, Selasa (13/7/2021).

Sebenarnya setiap buah lokal sama baiknya. Anjuran untuk mengkonsumsi buah ditujukan agar pasien Covid-19 bisa mendapatkan vitamin dan mineral untuk pembentukan sistem imun.

Namun ketika Covid-19, kebanyakan orang akan memilih buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, mangga, semangka, dan pepaya. Tapi ada beberapa buah lokal lainnya yang juga mengandung vitamin C. Beberapa di antaranya.

Jambu biji
Jika mencari kandungan vitamin C tertinggi pada buah, jambu biji sudah harus masuk pilihan Anda. Pasalnya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk.

Melansir Hello Sehat, satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram vitamin C. Kandungan ini sudah melebihi angka kebutuhan vitamin C harian pada orang sehat yakni 75-90 miligram per hari. Pasien Covid-19 isoman mungkin butuh lebih banyak vitamin C untuk membantu kesembuhan.

Nanas
Nanas, salah satu buah lokal yang tumbuh di negara tropis ini juga mengandung banyak vitamin C. Sepotong besar nanas diketahui memiliki kandungan sekitar 79,3 milligram vitamin C.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung.