Anggota Dewan Isolasi Mandiri di Hotel, Fasilitas Ditanggung Negara

Paripurna pengesahan RUU MK, beberapa waktu lalu di DPR RI (Foto: Twitter.com)

JAKARTA-Anggota DPR kembali menjadi sorotan. Bukan karena kebijakan pro rakyat, tapi soal isolasi mandiri di masa pandemi.

Saat ini, anggota DPR yang terpapar Covid-19 dengan status tanpa gejala dan bergejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri di hotel. Biaya dan fasilitas isolasi di Jakarta itu semua ditanggung negara.

Hal itu diketahui dari surat Sekretariat Jenderal DPR tanggal 26 Juli 2021. Isinnya mengenai pemberitahuan bahwa Setjen DPR telah bekerja sama dengan dua hotel untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi anggota dewan.

“Hotel yang kerja sama dengan kami itu di Ibis Grogol dan Oasis di Atrium Senen, kita sudah lakukan MoU. Tapi tentu kami berdoa ya tidak pernah digunakan tentunya, ini kan untuk prepare saja sebetulnya,” kata Sekjen DPR Indra Iskandar, Selasa (27/7/2021).

Paket isolasi mandiri yang ditawarkan adalah paket selama tujuh hari atau hingga para anggota dewan dinyatakan sembuh. “Kalau masih positif dalam 7 hari biasanya nilai CT sudah tinggi dan bisa di rumah karena tidak menularkan,” ujar Indra.

Bagi anggota dewan yang isolasi mandiri di Hotel Oasis, mereka akan menerima sejumlah fasilitas yang terbilang cukup lengkap, mulai dari makan tiga kali sehari, penatu tiga potong pakaian per hari.

Kemudian, wifi gratis dan parkir, konsultasi dokter via telepon setiap hari, kunjungan dokter atau perawat sebanyak dua hingga tiga kali, vitamin, serta satu kali tes PCR pada hari ketujuh.

Indra mengatakan, fasilitas serupa juga diberikan bagi mereka yang isolasi mandiri di Hotel Ibis. “Ada perbedaan sedikit tapi teknis, tapi prinsipnya hampir sama,” ujar Indra.

Selain anggota DPR, fasilitas isolasi mandiri yang ditanggung negara itu juga dapat digunakan oleh aparatur sipil negara dan tenaga ahli di lingkungan DPR.

Diprotes tetangga
Indra mengakui, anggota DPR memang memiliki rumah jabatan untuk menjalani isolasi mandiri.

Namun, hal itu menimbulkan masalah baru karena tidak sedikit anggota DPR yang tengah isolasi mandiri justru diprotes tetangga mereka.