Sholat Tahajud Ternyata Miliki Keutamaan, Salah Satunya Jauh dari Kesusahan Hidup

Ilustrasi. Salat tahajud memiliki berbagai keutamaan. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Mengerjakan sholat tajahud ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak diketahui. Dikerjakan pada pertiga malam, sholat tahajud memiliki berbagai keutamaan luar biasa, salah satunya dijauhkan dari kesusahan hidup.

Bagi kamu Muslimin yang mengerjakan sholat tahajud, tentu saja harus mengetahui manfaat dan keutamaan tersebut. Lalu apa saja manfaat atau keutamaan mengerjakan tahajud. Berikut ini penjelasannya:

Waktau Sholat Tahajud
Sepertiga malam waktu mengerjakan tahajud maksudnya sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 menjelang subuh. Shalat tahajud syaratnya dilakukan sesudah bangun tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar.

Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajud. Tetapi shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.

Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah Sholat Tahajud ini dari waktu ‘Isya sampai waktu shubuh, sedang sepanjang malam ini ada saat saat utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian:

a. Sepertiga Pertama, sekitar jam 19.00 sampai 22.00. Ini saat utama.
b. Sepertiga Kedua, sekitar jam 22.00 sampai 01.00. Ini saat paling utama.
c. Sepertiga Ketiga, dari jam 01.00 sampai masuk waktu shubuh. Ini saat paling utama.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan bagi umat muslim adalah sholat tahajud. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang keutamaan Sholat Tahajud.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ : شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ ، وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ : صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah bulan Allah Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)