KPBD dan Diskominfo Inhu Teken Kerjasama Aplikasi SI Atan, Ini Manfaatnya

Kepala Diskominfo Jawalter (kiri) dan KPBD menandatangani kerjasama. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indragiri Hulu, Riau dalam percepatan laporan saat terjadi bencana, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Dinas Kominfo, Selasa (3/8/2021).

Kerjasama menyangkut pengelolaan, pengembangan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Aduan Ketentraman dan Ketertiban Umum (SI Atan). Nantinya, Diskominfo menyediakan dan mengembangkan aplikasi SI Atan dengan menambahkan menu pengaduan kebencanaan.

Kepala KPBD Inhu Ergusfian mengungkap, selama ini belum ada sarana pengaduan bencana online dari masyarakat. Sehingga banyak laporan lambat ditindaklanjuti. Untuk itu, KPBD berniat mengembangkan aplikasi SI Atan. 

“Kami melakukan kerjasama agar masyarakat punya wadah melaporkan kejadian atau bencana yang terjadi. Maka itu, kami tertarik mengembangkan aplikasi SI Atan dengan menambahkan menu kebencanaan di dalamnya,” ujarnya. 

Dengan aplikasi tersebut, masyarakat mudah menyampaikan pengaduan saat ada bencana. “Kami juga bisa cepat bergerak melakukan antisipasi atau penanggulangan. Sehingga penanganan bencana bisa dilaksanakan secara maksimal,” urai Ergusfian.

Dia berharap, aplikasi SI Atan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, sehingga bisa membantu penanggulangan bencana di Inhu.

Kepala Diskominfo Jawalter menyambut baik kerjasama tersebut. “Prinsipnya kami mendukung pengembangan aplikasi ini. Kami telah menyiapkan tim IT yang akan membantu percepatan pengembangan aplikasi tersebut,” tuturnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta