Tinjau Vaksinasi Suku Talang Mamak Inhu, Kapolda Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy didampingi Bupati Rezita dan Kapolres AKBP Bachtiar Alponso berbincang dengan perangkat desa Suku Talang Mamak saat divaksin. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy bersama jajaran Polres Inhu, Senin (16/8/2021) meninjau pelaksanaan vaksinasi masyarakat Suku Talang Mamak di Desa Perigi, Kecamatan Rakit Kulim, KAbupaten Inhu.

Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, Bupati Rezita Meylani, Wakil Bupati Junaidi Rachmad, Ketua DPRD Samsudin dan Bantin, Tokoh Suku Talang Mamak dan sejumlah tokoh lainnya ikut mendampingi rombongan kapolda.

Irjen Pol Agung mengatakan, vaksinasi di daerah pedalaman sudah dilakukan pada dua titik, yakni Suku Sakai di Bengkalis dan Suku Talang Mamak di Inhu. Vaksinasi digelar sempena HUT Kemerdekaan ke 76 tahun 2021.

“HUT kemerdekaan ini kita jadikan momentum untuk membuat seluruh masyarakat bisa divaksin untuk meningkatkan imunitas dan mencegah penyebaran Covid 19 di Riau,” ujar Kapolda.

Vaksinasi tersebut disambut antusias warga Suku Talang Mamak, Desa Talang Perigi. Mereka beramai ramai mendatangi posko vaksinasi. “Sekitar 200 jiwa sudah divaksin. Sebelumnya, kami mempersiapkan 800 vaksin,” tuturnya.

Selanjutnya, dalam rangka hari Bhayangkari, jajaran Polda Riau menggelar bakti sosial berupa penyerahan sembako kepada masyarakat, termasuk warga Talang Perigi. 

Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam (tengah) didampingi Bupati Rezita dan rombongan usai meninjau vaksinasi Suku Talang Mamak. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

“Terima kasih kepada Pemerintah, Polri dan TNI terutama masyarakat Talang Mamak. Sampai saat ini, belum ada satu orangpun warga Suku Talang Perigi terkonfermasi positif covid 19,” tukasnya. 

Kapolda kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk terus membiasakan hidup dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Seperti menjaga jarak, memakai masker dan selalu cuci tangan.

“Mudah-mudahan menjadi kebiasaan hidup baru demi mencegah penularan covid 19 dan menjaga hidup sehat,” harapnya.

Menjaga Suasana Kondusif
Sementara itu, Bupati Rezita Meylani mengajak semua masyarakat bersama menjaga suasana tetap kondusif. Untuk itu, bupati mengaku terus berkoordinasi dan meningkatkan sinergitas jajaràn Pemkab Inhu dengan Polri, TNI dan elemen masyarakat dalam memutuskan rantai penyebaran Covid 19.

Ketua DPRD Samsudin menyampaikan terima kasi kepada Polda Riau dan Polres Inhu yang sudah menyelenggarakan vaksinasi kepada masyarakat Inhu, termasuk suku Talang Mamak.

Dia mengajak masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi yang diselengarakan pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid 19 di Inhu. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta