Begini Cara Simpan Alpukat Agar Cepat Matang dan Tak Busuk

Ilustrasi alpukat. (Foto:Freepik/Jcomp)

PEKANBARU-Alpukat menjadi makanan populer di kalangan pecinta makanan sehat. Dengan kandungan nutrisi, vitamin dan mineral beragam, tidak mengherankan kalau alpukat sangat digemari.

Saat membeli alpukat, ada kalanya kita harus menunggu lebih dulu sampai buah itu benar-benar matang.

Sementara, jika buah alpukat terasa lunak saat dipegang. Artinya, buah itu dalam kondisi sudah matang dan harus segera dimakan, karena sifat alpukat yang cepat membusuk.

Tidak sulit untuk menyimpan buah alpukat yang baru dibeli. Satu benda yang kita butuhkan adalah paper bag. Caranya, masukkan alpukat ke dalam paper bag, bersama buah lain seperti pisang atau apel.

Kemudian, lipat paper bag tersebut dan letakkan di area bersuhu hangat sampai kulit alpukat berubah warna menjadi hijau gelap.

Biasanya, ketika warna kulit alpukat sudah tampak gelap, buah tersebut akan terasa lunak jika ditekan. Proses ini berlangsung antara satu sampai tiga hari.

Jika kita tidak memiliki buah lain, masukkan alpukat ke dalam paper bag bersama beras dan tutup. Simpan dengan cara seperti tadi.

Cara ini bisa membuat alpukat lebih cepat matang, karena buah apel dan pisang (atau beras) melepaskan gas etilen yang menimbulkan proses pembusukan.

Proses tersebut akan menyebabkan buah alpukat terasa lebih enak, lebih lunak, dan lebih manis dengan sedikit asam. Gas etilen mudah mengalami difusi atau membaur dari sel ke sel, dan ke tanaman lain.

Menjaga alpukat tidak membusuk
Jika tadi kita menerapkan cara untuk mempercepat kematangan alpukat, sekarang kita perlu mengetahui bagaimana menjaga buah itu agar tidak cepat membusuk.

Apabila kita membeli buah alpukat yang sudah terasa lunak namun belum ingin memakan buah tersebut, kita dapat memperlambat proses pembusukan.

Satu hal saja yang perlu kita lakukan: masukkan alpukat yang sudah matang itu ke dalam kulkas. Suhu kulkas akan memperlambat kerja gas etilen.

Namun, akan lebih baik apabila kita mengonsumsi alpukat segera setelah kita membelinya.

Cari alpukat yang memiliki kulit berwarna gelap dan sedikit lunak, jika kita berniat memakan buah tersebut setibanya kita di rumah.

Kalau kita ingin menyuguhkan alpukat kepada saudara di minggu depan, pilih alpukat yang masih keras dengan warna kulit hijau cerah.

Sederhana kan? (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com