Setidaknya Ada 4 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya!

oleh -0 views
Ilustrasi bawang merah. (Foto: Shutterstock/Nilasito)

PEKANBARU-Para ilmuwan mengaitkan bawang merah dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar khasiat bawang merah, berasal dari kandungan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan, antioksidan tertentu seperti quercetin, mampu melindungi kesehatan.

Sebuah studi membuktikan, quercetin mampu melawan peradangan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut khasiat bawang merah selengkapnya seperti dilansir dari WebMD.

Bawang merah bersifat antibakteri
Penelitian yang dilakukan di laboratorium menunjukkan, bawang merah dapat membunuh berbagai bakteri. Dalam suatu percobaan, ekstrak bawang merah dan bawang putih terbukti mampu menghambat pertumbuhan beberapa mikroba.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut dengan subjek manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan sifat antibakteri dalam bawang merah.

Bawang merah dapat mengurangi risiko kanker
Mengonsumsi bawang merah dan bawang putih dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kanker. Peneliti Italia menemukan, orang yang mengonsumsi bawang paling banyak memiliki kemungkinan paling kecil terkena kanker usus besar, kanker tenggorokan dan kanker ovarium.

Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa pria yang makan banyak sayuran dari keluarga allium memiliki risiko paling kecil terkena kanker prostat. Para peneliti percaya bahwa antioksidan bertanggung jawab atas sifat antikanker yang dimiliki bawang merah dan bawang putih.

Bawang merah dapat menyehatkan pencernaan
Bawang mengandung fructooligosaccharides, yakni zat yang bertindak sebagai prebiotik. Zat tersebut memberikan makan bakteri sehat di usus besar. Kekurangan bakteri sehat di usus telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker usus besar.

Bawang merah dapat menyehatkan tulang
Bawang merah mungkin dapat berperan dalam mencegah osteoporosis. Baik penelitian pada hewan maupun manusia telah mendukung klaim ini. Dalam sebuah penelitian, para peneliti melakukan survei terhadap wanita yang mendekati atau telah melewati masa menopause.

Setelah mengontrol faktor-faktor lain, para peneliti menemukan, wanita yang makan bawang merah setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com