Satu Ruko, Enam Kedai dan Bengkel Warga di Pematang Reba Hangus Terbakar

oleh -76 views
Kebakaran menghanguskan Ruko ,kios dan bengkel di Pematang Reba. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Sejumlah personil Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD), Manggala Agni, Kepolisian dan masyarakat, Jumat malam harus berjibaku memadaman kebakaran yang menghanguskan satu ruko dan enam kios serta satu bengkel sepeda motor.

Kebakaran mengundang perhatian masyarakat yang mengakibatkan kemacetan di ruas jalan lokasi kejadian. Polisi yang datang langsung mengatur lalu lintas di sepanjang jalan lintas timur, tepatnya bundaran simpang patin Pematangreba.

Kapolres AKBP. Bachtiar Alponso melalui Paur Humas Misran mengatakan, Jumat malam ada ruko dan kios, termasuk bengkel yang berada di persimpangan bundaran tugu patin Pematang Reba
terbakar.

“Api baru bisa dipadamkan beberapa jam setelah kejadian atau sekitar pukul 23.00 WIB setelag delapan mobil pemadam kebakaran KPBD, Manggala Agni dan Pertamina Lirik turun ke lokasi kejadian,” papar Misran dalam keterangan tertulis yang diterima FokusRiau.Com.

Diceritakan, Jumat sekira pukul 19.30 WIB terjadi kebakaran berupa satu bangunan permanen (ruko) lantai dua dan enam unit kios non permanen terbuat dari papan.

Pemilik bangunan adalah Nopiyadi, Yusmilar, Emi, Wahab, Ita, Sisam, Ujang dan Jasrizono.

Awal kejadian diketahui sekitar pukul 19.30 WIB. Salah satu warga di Bundaran Tugu Patin melihat kepulan asap pada bagian atap kedai kopi Nopriyadi. Dengan cepat api menjalar ke lantai dua bangunan ruko milik Yusmilar yang berada dekat sumber api tersebut.

Selanjutnya api menjalar dan membakar kios-kios papan yang berada dekat ruko yang terbakar. “Sejauh ini, kerugian belum dapat dihitung karena masih tahap penyelidikan,” ungkap Misran.

Sementara itu, Kepala Kantor KPBD Kabupaten Inhu, Ergusfian menjelaskan, KPBD Inhu menurunkan dua unit mobil damkar, satu mobil tangki pemadam dan tiga mesin choler serta 25 personil dibantu satu mobil tangki pemadam Manggala Agni, satu mobil pemadam Pertamina Lirik, satu mobil pemadam dari PT. Inegda dan satu mobil rescue KPBD mengangkut peralatan mesin dan selang.

Di tempat terpisah, Manager PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja mengatakan, PLN Rengat langsung  memutus listrik di sebagian daerah Pematang Reba arah Japura dan Air Molek untuk pengamanan jaringan saat kebakaran terjadi.

“Tim kini telah berada di lapangan dan langsung recovery melakukan penggantian jaringan listrik yang rusak akibat kebakaran tersebut. Sementara itu, listrik warga yang sempat dipadamkan kini sudah normal kembali,” ujarnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100