Buka Ujian SKD CASN di Rohul, Bupati Sukiman Berikan Motivasi dan Pastikan Tanpa Kecurangan

oleh -14 Dilihat
Bupati Sukiman memeriksa bahan ujian salah seorang peserta. (Foto: Istimewa)

ROHUL, FOKUSRIAU.COM-Seleksi Kompetensi Dasar Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (SKD CASN), Senin (13/10/2021) resmi dimulai. Sebanyak 2.766 peserta seleksi beradu kemampuan untuk merebut 201 formasi yang dibuka.

Pelaksanaan SKD CASN di Pemkab Rohul berlangsung Kantor Regional XII BKN dan dibuka Bupati Sukiman di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul Pasirpengaraian.

Wakil Bupati Indra Gunawan, Plh Sekda Muhamad Zaki, Asisten III Bidang Umum dan SDM Edi Suherman dan Kepala BKPP Fatanalia Putra juga hadir pada pembukaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Sukiman memberikan motivasi kepada peserta SKD. “Tetap jaga prokes, jangan terburu-buru menjawab soal, baca dengan seksama, jangan grogi, tenang dan jangan lupa berdoa. Saya doakan anak-anak semua lulus,” ujar Sukiman.

Bupati menjamin, sistem ujian CPNS yang menerapkan metode Computer Assisted Test (CAT) tidak akan ada kecurangan atau peserta titipan pejabat.

“Anak saya saja kalau ikut, kalau tak bisa jawab ya tak lulus. Sebab nilainya langsung keluar. Jadi sistem ini tak bisa nipu, intinya adalah peserta harus benar-benar siap dan belajar,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Fatanalia Putra mengatakan, meski pandemi, namun antusiasme peserta seleksi CPNS cukup tinggi.

Buktinya, meski hanya menerima 201 formasi, pelamar yang lulus seleksi administrasi mencapai 2.766 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.522 peserta melaksanakan CAT SKD di Rohul sementara sisanya di daerah lain.

Fatanalia menyatakan, ujian SKD tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Beberapa hari sebelum ujian, peserta terlebih dahulu melalui pemeriksaan rapid tes antigen yang disiapkan panitia.

Hari pertama SKD ada 52 peserta tidak hadir tanpa keterangan. Peserta yang tidak hadir dipastikan gugur dan tidak bisa melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya. (adv)

9 / 100