Bangunan SMPN 03 Batang Gansal Terancam Amblas, Pemkab Inhu Harus Segera Bertindak!

oleh -13 Dilihat
Bangunan sekolah terancam amblas akibat longsor. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Pemerintah Kabupaten Inhu harus segera mencari solusi menyelamatkan bangunan SMP Negeri 03 Batang Gansal yang terancam amblas, akibat longsor dengan kedalaman mencapai 10 meter.

Anggota DPRD Inhu Dapil II, Halasson Sinaga kepada FokusRiau.Com, Selasa (14/12/2021) mengatakan, persoalan tersebut sejak tiga tahun terakhir disampaikan kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melalui musrenbang kecamatan.

“Sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Namun kita paham, untuk mengatasinya butuh sinergi dengan dinas lainnya. Namun sampai sekarang ralisasinya belum juga ada,” ujar Halasson.

Dikatakan, setiap hujan selalu terjadi longsor di kawasan itu. Dulu lokasi longsor masih jauh dari bangunan sekolah, namun kini hanya tersisa 3 meter. Bila longsor terus, dikuatirkan gedung sekolah akan ikut amblas.

“Lahan sekolah dan sekitarnya bukan merupakan tanah liat, tapi tanah bercampur pasir. Sehingga bila hujan langsung longsor. Untuk itu, pemerintah harus secepatnya mencarikan solusi sebelum bangunan sekolah amblas,” katanya
.

Di tempat terpisah, Kepala Disdikbud Inhu Kamaruzaman melalui Kabid Sarana Prasarana PAUD, TK, SD dan SMP H Armen mengaku sudah turun ke lokasi longsor yang tidak jauh dari bangunan sekolah.

Menurutnya, bangunan SMP Negeri 03 Batang Gansal dibangun Pemprov Riau dengan luas lahan satu hektare. Sementara satu hektare sisanya kini longsor ke sungai.

“Dulunya lahan dekat longsor itu merupakan bekas galian dan kini menjadi anak sungai. Sehingga ketika hujan, debit air sungai mengikis bantarannya dan akhirnya longsor. Untuk menanganinya tidak hanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tapi harus melibatkan Dinas PUPR untuk pembangunan dan Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman pohon pencegah longsor,” urainya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

10 / 100