Banjir di Desa Penyaguhan Inhu Mulai Surut, Marwan: Warga Masih Belum Bisa Beraktivitas

oleh -14 Dilihat
Petugas KPBD patroli di lokasi banjir. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Hujan deras yang mengguyur wilayah Indragiri Hulu (Inhu) menyebabkan Sungai Bantang Gansal meluap dan merendam ratusan rumah warga di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal. Selain itu, jalan poros dan kebun warga juga terendam banjir.

Kepala Desa Penyaguhan Marwan kepada FokusRiau.Com, Selasa (28/12/2021) mengatakan, tingginya intensitas hujan membuat Sungai Batang Gansal meluap. Daerah paling parah di Dusun IV Desa Penyaguhan dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter.

Saat ini, air mulai surut hingga 20-30 centimeter. Namun demikian, warga belum bisa beraktivitas dan bertahan di rumahnya masing masing.

“Semalam jalan poros belum bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Sekarang sudah mulai bisa. Mudah mudahan banjir segera surut dan kondisi kembali normal agar aktivitas warga kembali berjalan seperti biasa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Inhu, Ergusfian mengatakan, tim satgas KPBD Inhu masih berada di lapangan untuk membantu warga yang ingin mengusi. Dari laporan satgas, sejauh ini banjir di Desa Penyaguan sudah mulai berangsur surut.

“Namun rumah warga dan lahan perkebunan masih terendam. Perahu karet masih disiagakan di lokasi dan siap digunakan untuk membantu warga bila dibutuhkan,” tukasnya.  (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100