Bisnis Ikan Cupang di Padang Makin Cuan

Bisnis ikan cupang makin menggiurkan. (Foto: Merdeka.com)

PADANG, FOKUSRIAU.COM-Bisnis ikan cupang di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) semakin menggiurkan. Meski Covid-19 sempat menghantam berbagai sektor ekonomi, namun tidak untuk bisnis ikan cupang.

Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Klas I Padang merilis, ekspor ikan cupang bahkan mengalami peningkatan pada tahun 2021, yakni mencapai 12.448 ekor dibanding tahun sebelumnya 7.627 ekor.

“Di tahun 2020, ikan cupang yang di ekspor lebih sedikit dari 7 ribuekor. Tahun 2021, angkanya mencapai belasan ribu ekor ikan cupang. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” kata Kepala SKIPM Klas I Padang, Abdur Rohman, Senin (4/4/2022).

Mulyadi, salah seorang eksportir ikan cupang di Padang menyebut, meski pandemi merajalela, namun bisnis ikan hias ini tak terpengaruh. Eskpor dari tahun ke tahun masih aman.

“Bisnis ikan cupang kalau menurut saya adalah usaha yang paling aman di masa pandemi ini. Tak terpengaruh pandemi, pasarnya luas, permintaan banyak harga pun lumayan,” urai Mulyadi.

Meski pandemi, Mulyadi tetap rutin mengekspor ikan cupang hasil budidayanya ke beberapa Negara tetangga seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia. Malah, permintaan pasar kian banyak lantaran kebijakan work from home.

Memelihara ikan cupang, menjadi salah satu alternatif hiburan di rumah. kata Mulyadi, saat ini penghobi ikan cupang terus bertambah. Apalagi jika melihat dari sisi harga yang cukup menggiurkan.

Untuk satu ekor ikan cupang kontes itu, bisa mencapai belasan juta. “Harga ikan cupang yang di ekspor, berkisar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu per ekor. Harga, tergantung dari kondisi ikan yang dikirim,” tukasnya. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: VivaNews

8 / 100
banner 325x300