Kabar Baik, Kia Bakal Produksi Mobil di Indonesia

KIA bakal kembali produksi mobil di Indonesia. (Foto: eBay)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Agen pemegang merek mobil Kia di Indonesia, Kreta Indo Artha (KIA) mengaku sedang melakukan persiapan produksi lokal. Produksi Kia itu akan memanfaatkan pabrik yang dimiliki grup Indomobil.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA menyampaikan, saat ini pihaknya sedang memasuki masa persiapan sebelum mobil Kia bisa diproduksi lokal.

Kini, beberapa mobil Kia di Tanah Air masih mengandalkam impor dari sejumlah negara, seperti India dan Korea Selatan.

“Segera, dalam proses tapi kami belum bisa cerita modelnya apa,” kata Ario di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022) lalu.

Dikatakan, banyak persiapan yang harus dilakukan perusahaan, terutama bersama regulator terkait. “Tapi kami memang saat ini masih dalam proses dengan departemen terkait untuk rencana CKD,” kata Ario dikutip FokusRiau.Com dari CNNIndonesia.com.

Ario menyebut, pihaknya tidak akan mendirikan pabrik sendiri sebab perusahaan bakal memanfaatkan fasilitas pabrik grup Indomobil.

KIA sendiri merupakan perusahaan di bawah naungan grup Indomobil, setelah perusahaan ini mengambil alih semua bisnis yang menyangkut Kia di Indonesia tahun 2019.

Sementara grup Indomobil saat ini menjalankan beberapa unit merek mobil selain Kia, mulai Volkswagen, Nissan, Volvo, Audi hingga Suzuki.

Grup Indomobil juga punya fasilitas produksi di Tanah Air yang berlokasi di Pulo Gadung dan Cikarang.

Lebih lanjut, Ario belum dapat mengungkap mengenai lokasi pabrik Indomobil yang akan digunakan oleh Kia. Ia hanya mengatakan akan ada investasi baru yang dipersiapkan perusahaan untuk proyek lokalisasi Kia. (bsh)

8 / 100