7 Manfaat Minum Kopi Talua Minang, Nomor 4 Luar Biasa!

Kopi talua memberikan banyak manfaat. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Kopi bisa dinikmati dengan berbagai cara dan racikannya sendiri. Salah satunya Kopi Talua khas Minang menggunakan telur. Ternyata ada manfaat sehatnya!

Kopi bukan minuman yang baru terkenal akhir-akhir ini saja. Budaya minum kopi sudah dilakukan sejak berabad-abad silam bahkan pertama kali masuk ke Indonesia, karena dibawa penjajah Belanda.

Kehadirannya sudah begitu lama membuat beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri dalam menyajikan kopi. Salah satunya Kopi Talua khas Minang yang menggunakan campuran telur di dalamnya.

Ternyata penambahan telur bukan sekadar memberikan rasa yang creamy saja. Ada banyak manfaat sehat yang terkandung pada segelas kopi campur telur ini.

Berikut 7 manfaat minum kopi campur telur menurut Viet Reader:

1. Menurunkan risiko kanker
Pada 2015 sebuah penelitian yang dipublikasikan di World Cancer Research Fund International mengungkapkan bahwa minum kopi dapat mencegah kanker.

Bahkan ada pernyataan yang menyebutkan para peminum kopi memiliki harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan non-konsumen kopi.

Laporan seorang ahli Onkologi juga membenarkan hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan WHO. World Health Organization (WHO) menemukan fakta bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker hati.

Selain kopi yang diminum secara polos, ternyata menambahkan telur ke dalam gelas kopi juga dapat memberikan manfaat lainnya. Telur yang dicampur ke dalam gelas kopi diakui oleh ahli dapat mengurangi risiko kanker payudara.

2. Menyehatkan mata
Ketika menyeruput segelas kopi, banyak orang yang mengakui matanya terasa lebih segar dan menghilang rasa kantuknya. Ternyata hal ini bukan hanya omong kosong belaka.

Kandungan kafein pada kopi dapat membantu membesarkan pupil mata dengan cara menstimulasi generasi hormon. Kopi yang ditambahkan telur menjadi salah satu cara mengonsumsi vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

3. Membangun massa otot
Selain untuk membantu produksi energi, ternyata minum kopi dengan racikan yang tepat juga dapat membantu pertumbuhan otot. Racikan kopi telur ini cocok untuk orang-orang yang ingin memiliki massa otot lebih besar lagi.

Kandungan protein dan asam amino pada telur menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh otot. Campuran kopi dan telur ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tulang.

4. Meminimalisir penyakit jantung
Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, peminum kopi aktif memiliki peluang 3-5 lebih rendah mengalami penyakit jantung. Hal ini karena kopi secara alami memiliki kandungan antioksidan yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan jantung.

Selain kandungan antioksidan pada kopi, para peneliti juga memiliki fakta untuk telur yang ditambahkan ke dalam kopi. Racikan kopi dan telur dapat membantu penikmatnya memiliki risiko penyakit jantung iskemik 12 persen lebih rendah.

5. Mengatasi rematik
Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital memiliki bukti bahwa manfaat racikan kopi dan telur ini sangat luar biasa. Kopi disebutkan memiliki khasiat untuk meningkatkan proses metabolisme dan mencegah keluhan sendi.

Nutrisi dan vitaminnya cocok untuk dikonsumsi bagi orang dewasa yang rentan alami rematik atau radang sendi. Konsumsi kopi dan telur juga konon dapat membantu mengatasi batu empedu yang tidak bisa diatasi dengan minuman lain seperti teh.

6. Mengurangi risiko sirosis hati
Selain jantung dan tekanan darah tinggi, kesehatan hati menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Untuk menjaganya bisa juga dilakukan secara alami dengan rutin mengonsumsi kopi telur ini.

Sebuah grup peneliti dari Southampton University menyebutkan manfaat dari kopi dan telur memiliki khasiat yang baik untuk mencegah sirosis hati. Konsumen kopi secara khusus memiliki 65 persen peluang lebih rendah untuk mengalami sirosis hati.

7. Mencegah diabetes tipe 2
Selain protein dan kafein, ternyata kopi telur juga memiliki komponen yang bernama cafestol. Cafestol yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu menurunkan jumlah insulin di dalam pankreas.

Kadar insulin yang berlebihan ini menjadi salah satu awal dari penyakit diabetes tipe 2. Ketika kadar insulin pada pankreas bisa dikendalikan, maka risiko peminum kopi telur mengalami diabetes juga akan menurun. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *