Sandiaga: Perputaran Ekonomi Saat Libur Lebaran Capai Rp150 Triliun

Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan, potensi perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) saat libur Lebaran 2023 berkisar antara Rp100 triliun sampai Rp150 triliun.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan, 300-350 juta pergerakan atau 25 persen dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara di 2023 akan tercapai.

Kata Sandiaga, berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada 123,8 juta wisnus yang bakal melakukan perjalanan saat libur Lebaran tahun ini. Dengan angka itu, Sandiaga menargetkan perputaran ekonomi berada di kisaran Rp100 triliun hingga Rp150 triliun.

“Angka 123,8 juta ini merupakan kenaikan dari tahun lalu yang menghasilkan sekitar Rp70 triliun. Maka, kita menargetkan perputaran ekonomi di sektor parekraf tahun ini antara Rp100 triliun-Rp150 triliun. Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan ekonomi di daerah selama periode mudik libur lebaran,” kata Sandi dalam weekly brief, Selasa (4/4/2023).

Di sisi lain, untuk mengantisipasi potensi lonjakan wisatawan saat libur Lebaran, Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan perangkat daerah dan pemangku bijak terkait.

Dia menuturkan, semua pihak diharapkan selalu memerhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan CHSE, terutama keselamatan dan keamanan.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mengeluarkan Surat Imbauan Pemantauan Hari Raya Idulfitri 2023 kepada seluruh Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata untuk menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan dengan baik.

“Pemerintah daerah tentunya diharapkan membentuk satuan tugas yang melibatkan lintas OPD untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjung,” tukasnya seperti dikutip FokusRiau.Com dari bisnis.com. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *