News  

Invasi Israel Tewaskan 29.410 Warga Gaza, 69.465 Orang Terluka

Kondisi Gaza usai dibombardir Israel. (Foto: AP/Fatima Shbair)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Korban tewas dan luka akibat invasi Israel di Gaza, Palestina terus bertambah. Sejauh ini, korban tewas mencapai 29.410 orang.

Dilansir Anadolu Agency, Jumat (23/2/2024), korban tewas terus bertambah setiap hari sejak Israel melakukan invasi ke Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023. Selain korban tewas, ada 69.465 warga Gaza yang terluka akibat serangan Israel.

“Setidaknya 97 orang tewas dan 132 lainnya terluka dalam serangan Israel dalam 24 jam terakhir,” kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Otoritas Gaza menyebut, masih banyak korban yang tertimbun reruntuhan. Korban tewas dan luka diperkirakan akan bertambah.

“Banyak korban masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan dan tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka,” ujarnya.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Hamas pada bulan Oktober 2023. Serangan Hamas menewaskan 1.200 warga di Israel.

Serangan gencar Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza mengungsi dan kekurangan makanan, air bersih serta obat-obatan. Sementara sekitar 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang dalam keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk melakukan upaya mencegah genosida.

Terbaru, Amerika Serika yang merupakan sekutu Israel menolak resolusi gencatan senjata oleh Dewan Keamanan PBB. (dtc/bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *