News  

Mengenal Makan Bajambau, Tradisi Sambut Ramadan di Kampar Riau

Warga menikmati beragam menu makanan dalam acara tradisi Makan Bajambau menyambut Ramadan, Jumat (8/3/2024). (Foto: Kompas.com)

KAMPAR, FOKUSRIAU.COM-Masyarakat Dusun Jawi Jawi, Desa Persiapan Jawi Jawi, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau kembali menggelar tradisi Makan Bajambau menyambut bulan suci Ramadan.

Makan Bajambau merupakan tradisi turun temurun di Dusun Jawi Jawi. Makan Bajambau berarti makanan yang dihidangkan dan disantap bersama-sama oleh warga. Tradisi ini rutin diadakan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga menjelang puasa.

Tahun ini, Makan Bajambau di Dusun Jawi Jawi berlangsung Jumat (8/3/2024). Pagi menjelang siang, ibu-ibu sudah berbondong-bondong membawa beragam masakan. Ada tiga tempat pelaksanaan Makan Bajambau, yakni teras masjid, musala dan aula yang letaknya berdekatan.

Makanan disusun rapi memanjang dan siap santap. Di sekitar lokasi, panitia memasang tenda dan menyediakan kursi tempat duduk. Warga pun terlihat sangat ramai berkumpul, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Usai shalat jumat, kaum pria langsung duduk di tempat makanan yang sudah dihidangkan. Diawali dengan doa, warga mulai Makan Bajambau dengan lahapnya. Mereka sengaja tak makan nasi agar bisa makan bersama-sama.

Ketua Panitia Makan Bajambau, Amiruddin menyebut, Makan Bajambau tahun ini lebih ramai dibanding tahun sebelumnya.

“Kita bersyukur masih bisa berkumpul untuk menjalin hubungan silaturahmi masyarakat Dusun Jawi Jawi menjelang Ramadhan,” kata Amiruddin kepada wartawan usai acara.

Dikatakan, tradisi Makan Bajambau rutin diadakan setiap tahun menjelang puasa. “Rutin setiap tahun. Ini merupakan Makan Bajambau yang ke 19 tahun,” sebutnya.

Selain makan juga menyantuni anak-anak yatim. Warga memberikan santunan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim.

“Tradisi ini akan terus digelar di Dusun Jawi Jawi. Tidak akan hilang karena kemajuan zaman. Sebab, melalui tradisi inilah masyarakat bisa berkumpul dan makan bersama-sama sekaligus bersilaturahmi,” kata Amiruddin. (kpc/bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *