Kendarai Motor Sampah Hibah KLHK, Bupati Yopi Arianto Datangi Gedung DPRD

oleh -305 views
Bupati H Yopi Arianto didampingi Sekdakab dan Kepala DLH Ir Selamat MM mengendarai sepeda motor ke gedung DPRD. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Bupati H. Yopi Arianto SE bersama Sekdakab H. Hendrizal dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir Selamat MM menghadiri rapat paripurna penyampaian LKPJ tahun 2020 dan pengumuman usulan masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati Inhu masa jabatan 2016-2021.

Bupati dan rombongan datang ke gedung DPRD Inhu dengan mengenakan tanjak putih dari suku Talang Mamak dan mengendarai sepeda motor angkutan sampah jenis viar yang merupakan hibah Pemerintah Pusat kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu.

Bupati tampak datang membonceng sejumlah pejabat dan bergerak menuju gedung dewan yang berada sekitar 100 meter dari Kantor Bupati Inhu. Tiba di gedung dewan, bupati dan rombongan disambut Ketua DPRD Samsudin dan Ketua Fraksi Golkar Daniel Eka Perdana.

Bupati H Yopi Arianto bersama Sekdakab Hendrizal dan Kepala DLH Ir Selamat foto bersama usai menyerahkan motor dan truk pengangkut sampah. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

Pada kesempatan itu, bupati langsung mengajak Ketua DPRD, Ketua Fraksi Golkar dan Ketua LAMR Inhu berkeliling komplek perkantoran Pemkab Inhu. Beberapa lama berkeliling, rombongan diiringi pejabat lainnya langsung masuk ke ruang paripurna.

Kepala DLH Inhu, Ir. Selamat MM mengatakan, kendaraan yang digunakan bupati dan rombongan menuju gedung dewan berjumlah lima sepeda motor jenis viar dan satu mobil could diesel yang akan digunakan untuk mengangkut sampah.

“Itu merupakan bantuan dari Kementrian LHK yang diserahkan Desember 2020 lalu. Semua akan digunakan untuk operasional angkutan sampah di sejumlah kecamatan. Semua merupakan hasil perjuangan dan lobi ke pusat. Inilah bukti kepedulian bupatidalam membangun Inhu yang bersih dan sehat,” urainya.

Kepala DLH Ir Selamat menyerahkan SK kepada petugas pertamanan. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

Dikatakan, pengangkutan sampah juga diharapkan bisa meninangkatkan pendapatan daerah. Sebab Perda Retribusi Persampahan sudah dibuat dan disahkan. Selamat menambahkan, pekan lalu dirinya juga sudah menyerahkan SK kepada 50 petugas pertamanan yang akan bertugas menata taman kota di beberapa kecamatan, seperti Pasir Penyu, Rengat Barat dan Rengat.

Petugas pertamanan tahun sebelumnya berada di Dinas PUPR Inhu dan kini berpindah ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sesuai Permendagri Nomor 90 tahun 2019, terkait petugas pertamanan tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah bukan lagi berada di Dinas PUPR akan tetapi berada di DLH, termasuk sarana prasarananya.

“Terkait penganggaran pertamanan, sejak awal Januari 2021 sudah tidak lagi di Dinas PUPR,” ujarnya.

Ditambahkan, Senin 15 February 2021 juga sudah diserahkan SK tahun 2021 untuk petugas kebersihan di gedung Amdal DLH Inhu sebanyak 136 orang, termasuk sepeda motor dan mobil truk angkutan sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan Kapasitas, Afrinaldi Eka Putra didampingi Kasi Pengelolaan Sampah Imron Hidayat dan Kasubag Umum Rudi menyerahkan SK tahun 2021 pada petugas kebersihan. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

Akhir Masa Jabatan
Sebelumnya, Bupati H. Yopi Arianto SE didampingi Sekdakab H. Hendrizal menyerahkan lima unit sepeda motor angkutan sampah jenis viar dan satu mobiĺ cold diesel angkutan sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Inhu yang diterima langsung Kepala DLH Ir Selamat MM didampingi sejumlah stafnya di depan kantor bupati Inhu, Senin (15/2/2021).

Penyerahan didahului dengan apel Senin yang menjadi apel terakhir bupati Yopi Arianto. Usai memimpin apel, bupati juga berpamitan kepada seluruh ASN Pemkab Inhu setelah hampir dua periode atau 10 tahun terakhir bersama para ASN membangun Inhu. (*)

Penulis: Obrin

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *