Bupati Kasmarni Buka Musrenbang Rupat Utara, Ketua DPRD Khairul Umam Bicara Soal KSPN

oleh -0 views
Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam menyampaikan sambutannya. (Foto: Istimewa)

BENGKALIS-Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam mengatakan, Rupat Utara sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Namun demikian, realisasi KSPN masih belum sesuai harapan.

“Permasalahan yang kita hadapi saat ini dari aspek perencanaan, yakni Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) yang sampai sekarang belum diselesaikan,” ujar H. Khairul Umam kala menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Rupat Utara, Sabtu (6/3/2021) di Gedung Medang Perkasa Kantor Camat Rupat Utara.

Sehingga banyak anggaran yang bisa diberikan pemerintah pusat untuk Pemkab Bengkalis, tetapi tidak bisa diambil akibat terbentur persyaratan RTRW dan RDTR yang belum selesai.

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat serta stake holder lainnya menghadiri musrenbang. (Foto: Istimewa)

“Yang dibutuhkan sekarang adalah sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah dengan legialatif untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Melalui musrenbang, diharapkan semua persoalan bisa teratasi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kasmarni kala membuka Musrenbang menyampaikan harapannya, agar kegiatan tersebut bisa menghasilkan keputusan yang benar-benar super prioritas, realistis dan berkualitas serta terukur dengan tetap berorientasi pada kepentingan masyarakat banyak.

“Kami yakin dan percaya, melalui ruang diskusi ini perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan nantinya harus benar-benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pemulihan ekonomi masyarakat Kecamatan Rupat Utara,” ujar Kasmarni.

Bupati Kasmarni menyampaikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Rupat Utara. (Foto: Istimewa)

Dikatakan, untuk membangun Bengkalis tidak bisa hanya bergantung pada APBD saja. Namun perlu mencari solusi bagaimana bantuan pusat maupun provinsi bisa turun di daerah Negeri Junjungan ini, sehingga semua aspirasi dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan baik.

“Dengan 3 misi utama dan 8 program unggulan, semua program unggulan akan terintegrasi dalam KBS pintar, KBS sehat, KBS tanggap sosial, KBS perempuan berdaya dan KBS ketenaga kerjaan, termasuk di Rupat Utara ini. Kami yakin Kecamatan Rupat Utara akan maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Musrenbang kali ini dihadiri Sekdakab H. Bustami HY juga anggota DPRD dari daerah pemilihan Rupat dan Rupat Utara Feri Situmiang, Tenaga Ahli Bupati Muhammad Isa dan Mustafa Kamal, Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura, Kepala Bappeda Hady Prasetyo, Plt PUPR Ardiansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Imam Hakim.

Anggota DPRD dari daerah pemilihan Rupat dan Rupat Utara Feri Situmiang (kiri) bersama undangan lainnya menghadiri Musrenbang. (Foto: Istimewa)

Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Raja Erlangga, Sekretaris Bappeda Rinto, Sekcam Rupat Utara Tarmizi, Kapolsek Rupat Utara Dedi Susanto, Babinsa Rupat Utara Fauzi, Babinposal Carles Hutabarat, KUA Rupat Utara Suryanto, serta Kepala Desa se-Rupat Utara. (*)

Ketua DPRD H. Khairul Umam berbincang dengan Bupati Kasmarni. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD H. Khairul Umam berbincang dengan anggota DPRD dari daerah pemilihan Rupat dan Rupat Utara Feri Situmiang. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Khairul Umam bersama Bupati Kasmarni, Sekdakab Bustamy dan anggota DPRD Feri Situmiang makan bersama. (Foto: Istimewa)

Penulis: M Rafii
Sumber: Humas DPRD Bengkalis