BMKG Hari Ini Pantau 169 Titik Panas di Riau, Terbanyak Bengkalis

oleh -1 views
BMKG memantau penambahan titik panas. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Riau, Minggu malam ternyata tidak mampu menghilangkan titik panas atau hotspot di Riau. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin pagi masih memantau 169 hotspot di sejumlah daerah.

Hotspot terbanyak berada di Kabupaten Bengkalis dengan 118 titik disusul Kabupaten Pelalawan sebanyak 34 titik, Meranti 16 titik dan Dumai satu titik. Sementara di daerah lain di Sumatera juga terpantau titik panas, seperti Lampung, Sumsel, Sumut, Jambi, Bengkulu dan Kepri.

Untuk prakiraan cuaca pagi ini berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang disertai petir yang akan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Siak.

Siang sampai sore hari, cuaca cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

Malam hari cuaca cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Pelalawan.

Dini hari cuaca cerah berawan hingga berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang mungkin terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis dan Siak pada pagi dan siang atau sore hari.

“Titik panas terbanyak terpantau di Bengkalis. Namun potensi hujan masih ada terjadi di beberapa wilayah di Riau,” ujar Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru Putri Santy S, kepada wartawan, Senin pagi. (*)

Sumber: TribunPekanbaru