Pemukiman Warga Pematangreba Banjir, Ini Harapan Warga ke Pemkab Inhu

oleh -6 views
Pemukiman warga di Pematang Reba terendam banjir. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Sejumlah rumah warga di kawasan RT 02 RW 03 Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau terendam banjir setelah hujan deras turun sejak Selasa malam tadi.

Salah seorang warga Edi Hariyono mengatakan, sebagian pemukiman warga memang berada di kawasan langganan banjir. Setiap hujan turun akan langsung terendam. Banjir terjadi akibat debit air dari parit di ruas Jalan Pematangreba-Rengat, tepatnya dari parit Samping Gereja HKBP Rengat Barat masuk ke pemukiman warga.

Menurutnya, dua tahun lalu sudah ada pembangunan drainase oleh pemerintah. Tapi pembangunan drainase itu bukannya menjadi solusi mengatasi banjir, malah sebaliknya. “Sebab drainase yang dibangun lebih tinggi dari pemukiman warga,” ujarnya.

Saat menjadi Ketua RT 02 RW 03, Edi mengaku sudah beberapa kali mengusulkan kepada Dinas PU Inhu untuk membuat drainase guna pembuangan limbah warga sekaligus untuk mengatasi banjir saat hujan deras. Tapi sampai sekarang belum juga ada realisasinya.

“Kini, hanya satu jam hujan deras sudah banjir.
Untuk itu, kami berharap Pemkab Inhu bisa mencarikan solusi agar banjir di ruas jalan Rahmat ini segera teratasi. Sehingga badan jalan tidak rusak seperti sekarang akibat tergerus air,” harapnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta