Masuk Hutan Keramat Ini, Semua Wanita Wajib Lepas Semua Pakaian

oleh -0 views
Hutan khusus perempuan di Papua. (Foto: Capture YouTube Nat Geo Indonesia)

PAPUA-Saat ini sebagian masyarakat di Indonesia masih terus berupaya melestarikan kearifan lokal yang diturunkan dari nenek moyang dan leluhurnya. Salah satu daerah yang masih kuat memegang teguh kearifan lokal tersebut adalah Papua.

Di Jayapura, Papua terdapat hutan keramat bernama Hutan Perempuan. Hutan keramat itu berada di taman wisata alam teluk Youtefa, Kampung Enggros. Setiap wanita yang masuk ke Hutan Perempuan ini diwajibkan untuk melepas semua pakaiannya.

Tak perlu khawatir, tidak akan ada pria yang berani mengintip atau bahkan masuk ke hutan ini. Masyarakat Kampung Enggros mengenakan denda hingga Rp1 juta kepada kaum pria yang berani memasuki hutan mereka.

Hutan yang berada di Jayapura, Papua ini telah menjadi tempat khusus bagi generasi perempuan untuk mengumpulkan kerang dan berbagi cerita, tetapi laki-laki dilarang masuk ke area tersebut.

Dilansir dari BBC, penduduk desa Adriana Meraudje mengatakan, hutan tersebut sudah menjadi hutan perempuan sejak zaman nenek moyang. “Ini selalu menjadi satu-satunya hutan perempuan. Jauh sebelum saya lahir, itu ada. Selalu ada di sini dengan aturan yang sama.

“Untuk masuk ke hutan wanita harus telanjang. Tidak boleh pakai baju. Jika seorang pria mengintip, dia akan dihukum dan didenda. Kami membawa mereka ke pengadilan suku,” ujar Adriana.