Deretan ‘Penghancur’ Kijang Innova Bermunculan, Simak Calonnya

Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

PEKANBARU-Eksistensi Toyota Avanza dan Kijang Innova di pasar low dan medium MPV (Multi Purpose Vehicle/Kendaraan Multi Guna) Indonesia masih mendominasi. Meski begitu, tahta mereka untuk segmen MPV mulai terancam.

Penyebabnya, sejumlah calon ‘penghancur’ Avanza dan Innova terus berdatangan. Salah satunya dari produsen mobil Hyundai dari Korea Selatan (Korsel).

Hyundai belum lama ini menghadirkan mobil kelas MPV, yaitu Hyundai Custo. Penampakan Hyundai Custo sudah bocor di platform media sosial Weibo, sebab mobil MPV ini pertama kali bakal dipasarkan di China.

Dalam laporan Auto Hindustan Times, mobil ini memiliki desain perpaduan antara SUV dan MPV. Grille depannya identik dengan Hyundai Alcazar dan Tucson. Lampu depannya sudah dilengkapi proyektor LED, serta daytime running light (DRL) yang sama-samar seperti hiasan chrome.

MPV ini menggunakan pintu geser pada baris kedua. Tentu saja menawarkan kemudahan akses keluar-masuk penumpang. Pada bagian belakang mobil juga nampak kekar dan penggunaan lampu belakang LED dihubungkan bilah lampu LED.

Sebelumnya, dokumen MPV ini sudah bocor di internet dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) China saat proses homologasi.

Secara dimensi Hyundai Custo memiliki panjang 4.950 mm, lebih panjang dari Innova yang hanya 4.735 mm. Sedangkan lebarnya 1.850 mm, dan tinggi 1.730 mm. Sedangkan Innova lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Namun dimensi keduanya hampir mirip.

Tetapi tak hanya sampai situ, Hyundai Custo dibekali beberapa fitur premium, di antaranya layar hiburan berukuran 10,4 inci, sunroof, ambient light, kursi berventilasi dengan fitur pijat, dan kontrol iklim dua zona. MPV akan tersedia dalam konfigurasi enam, tujuh dan delapan kursi.

Saat ini, Hyundai Custo baru akan dipasarkan di China. Dalam waktu dekat mobil ini bakal dipersenjatai mesin turbo 1.5 liter T-GDI yang sanggup menghasilkan tenaga 170 hp. Tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox kopling ganda 7-percepatan.

Kemudian opsi dapur pacu lain yang jadi pertimbangan adalah mesin 2.0 liter T-GDI turbo bensin yang menghasilkan 236 hp dengan gearbox otomatis 8-percepatan.