Susu dan Kencing Unta Bisa Jadi Obat? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi Unta. (Foto: iStock)

PEKANBARU-Susu unta memang ada disebutkan dalam hadits, sebagai minuman berkhasiat dan bersifat sebagai ‘obat’ saat dikonsumsi bersama air kencing unta. Secara ilmiah, benarkah hal ini?

Unta sendiri merupakan hewan padang pasir yang hidup di dataran tanah Arab. Unta dikenal sebagai hewan dengan banyak manfaat dan dipelihara pada zaman nabi.

Unta dimanfaatkan Rasulullah untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari alat transportasi, memakan dagingnya sampai meminum susunya.

Selama ribuan tahun, unta menjadi hewan paling dibutuhkan, terutama di padang pasir. Pernah disebutkan dalam al quran dan hadits, bahwa unta menjadi hewan ternak yang sengaja diciptakan Allah SWT untuk menunjukkan kekuasaannya.

Berikut fakta soal keistimewaan unta dalam al quran sampai manfaatnya bagi kesehatan:
Disebutkan dalam al quran
Dalam surah Al Ghasyiyah, Allah SWT menyebut beberapa jenis hewan. Unta menjadi salah satu hewan yang disebutkan untuk menunjukkan betapa besar kekuasan Allah SWT atas penciptaan langit dan bumi beserta seisinya.

“Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan?” (QS. Al Ghasyiyah ayat 17-20).

Jika diperhatikan, unta merupakan hewan yang sengaja diciptakan dengan ketahanan tubuh yang paling kuat. Unta bahkan mampu bertahan tanpa makanan dan air selama berhari-hari dengan punuk sebagai cadangan airnya yang membuat unta akan tetap hidup.

Manfaat Susu Unta
Menjadi hewan ternak yang banyak dipelihara di Timur Tengah, tak jarang susu unta juga bisa diproduksi besar-besaran di tanah Arab. Tidak kalah dengan susu sapi, susu yang diperah dari seekor unta juga memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Susu unta mengandung nutrisi dan mineral seperti vitamin A, B, C, D, E, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, zat besi dan juga fosfor. Susu unta juga menjadi alternatif yang lebih aman bagi penderita intoleran laktosa yang tak bisa mengonsumsi susu sapi.

Susu unta mengandung protein yang bertindak, seperti insulin dan zinc. Sehingga dapat menormalkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita diabetes.

Susu unta juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak bagi orang dewasa untuk mencegah alzheimer hingga kandungan whey proteinnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mitos Racikan Susu dan Air Kencing Unta
Dalam sebuah hadits disebutkan, campuran susu dan air kencing unta memiliki manfaat kesehatan yang ajaib. Selain susunya, air kencing unta juga dipercaya mengandung obat bagi penyakit dalam bagian perut.

“Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka,” HR. Ahmad:2545.

Tetapi manfaat air kencing unta ini masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah, bahkan kehalalannya diragukan.

Menurut Cholil Nafis, ketua umum Majelis Ulama Indonesia, berdasarkan mazhab ASy-Syafi’iyah dan Al Hanafiyah menegaskan, semua benda yang keluar dari tubuh hewan melalui kemaluan depan maupun belakang dikatakan sebagai najis.

Air kencing merupakan cairan yang keluar melalui kemaluan depan unta, sehingga tergolong sebagai najis dan tidak boleh dikonsumsi.

Pada penelitian yang dilakukan secara medis, air kencing unta ditemukan memiliki sifat anti kanker. Sehingga pada penelitian tersebut, air kencing unta diprediksi dapat meminimalisir jaringan kanker dan menghambat penyebarannya.

Tetapi masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk melihat manfaatnya dengan sangat teliti, terutama penemuan bahwa air kencing unta dapat mengatasi kanker.

Tempat Membeli Susu Unta di Indonesia
Bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan maupun yang berminat untuk mencicipi susu unta bisa saja didapatkan dengan mudah secara online. Melalui aplikasi belanja online sudah banyak penjual susu unta yang menjajakan produknya.

Agar kualitasnya terjaga saat pengiriman, susu unta dipasarkan dengan bentuk susu bubuk dalam kemasan-kemasan yang sudah disesuaikan. Ada yang dikemas dalam ukuran kecil untuk satu gelas hingga ukuran kemasan sedang yang bisa dikonsumsi dalam beberapa kali.

Harga yang dibanderol untuk susu unta bubuk kemasan ini berkisar dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu untuk kemasan berukuran sedang. Cara konsumsinya cukup mudah, dengan menyeduh susu unta menggunakan air hangat dan dikonsumsi dua kali sehari pagi dan sore. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom