Pulihkan Ekonomi dan Cegah Klaster Baru, Inhu Launching Aplikasi Bunda-Simpel

oleh -25 views
Bupati Rezita memberikan sambutan saat launching aplikasi Bunda dan Simpel. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaunching aplikasi Bumdes Inhu Berdaya (Bunda) dan Sistem Mentoring Pilkades (Simpel) di Auditorium Yopi Arianto, Selasa (21/09/2021).

Ketua Panitia Riswidiantoro menjelaskan, kedua aplikasi tersebut merupakan kerja sama DPMD dengan Diskominfo Inhu. Aplikasi Bunda dibuat dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Sementara untuk aplikasi Simpel dibuat dalam upaya mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak di Indragiri Hulu. “Semoga kedua aplikasi ini bisa memberikan kontribusi bagi menunjang pembangunan di Inhu,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Rezita berharap, aplikasi Bunda bisa meningkatkan pengelolaan Bumdes menjadi lebih profesional, menciptakan semangat entrepreuner dan terciptanya akuntable dalam penyelenggaraan Bumdes serta menemukan potensi lain dari desa yang ada di Inhu.  

Untuk aplikasi Simpel, menurut Rezita diharapkan bisa menjadi sarana mentoring dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak. Sehingga pelaksanaannya bisa berjalan aman dan lancar tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

“Dalam pelaksanaanya, aplikasi simpel bisa meminimalisir munculnya klaster baru penyebaran covid-19 saat berlangsungnya pilkades serentak,” tuturnya.

Rezita menyambut baik inovasi dinas PMD dan Diskominfo membuat kedua aplikasi tersebut. Ini sesuai dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sebagaimana program Bumdes  yang memprioritas pemulihan ekonomi.  (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta