Atasi Abrasi Sungai Indragiri, DLH Inhu Usulkan Program Penanaman Sejuta Pohon ke KLHK 

Bupati Rezita Meylani didampingi Plt Kadis DLH Joni Mariyanto menyisir lokasi abrasi DAS Indragiri. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Inhu mengusulkan program penanaman sejuta pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita sudah mempersiapkan proposal gerakan masyarakat adat peduli lingkungan atau Gema Pelindup untuk penanaman sejuta pohon di bantaran Sungai Indragiri,” ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Inhu, Joni Maryanto kepada FokusRiau.Com, Senin (6/12/2021).

Dikatakan, proposal penanaman sejuta pohon akan diusulkan paling lambat pertengahan Desember 2021 ke Kementrian LHK. Ini merupakan tindak lanjut dari penyisiran Bupati Rezita Meylani di sepanjang aliran Sungai Indragiri, beberapa pekan lalu.

Penanaman sejuta pohon direncanakan dari Desa Batu Rijal Hulu sampai Kuala Cinaku yang masuk dalam titik rawan abrasi sungai.

Selain penanaman pohon, Gema Pelindup juga akan menanamkan pentingnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. “Pentingnya kepedulian terhadap lingkungan akan dikampanyekan kepada anak sekolah, remaja dan pemuda di 10 kecamatan di Inhu.

Mudah mudahan usulan ini dapat diakomodir Kementrin Lingkungan Hidup dan direalisasikan tahun 2022 mendatang, sempena hari lingkungan hidup sedunia 4 Juli 2022,” ungkapnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

9 / 100
banner 325x300