Tekno  

Kini Mengganti Nomor WhatsApp Bisa Lho Tanpa Harus Kehilangan Chat

WhatsApp. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Salah satu yang paling dikhawatirkan saat mengganti nomor telepon adalah kehilangan chat dan kontak WhatsApp. Tapi kini, kita tidak perlu takut lagi. Karena ada cara mudah mengganti nomor telepon tanpa perlu kehilangan chat WhatsApp.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk semua pengguna WhatsApp, terutama bagi mereka yang pergi ke luar negeri dan harus mengganti nomor teleponnya tapi tetap ingin menyimpan semua chat.

Fitur ganti nomor telepon WhatsApp ini bisa digunakan di Android dan iOS. Fitur ini juga berlaku untuk ganti nomor di ponsel yang sama atau ke ponsel baru, tapi untuk ganti ke ponsel baru caranya agak sedikit rumit.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama, pastikan nomor baru kalian sudah aktif dan bisa menerima telepon atau SMS.

Selain itu pastikan nomor lama kalian saat ini terdaftar di WhatsApp. Cara untuk mengetahui nomor telepon yang sudah terdaftar di WhatsApp adalah dengan membuka aplikasi lalu buka pengaturan dan ketuk foto profil.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini cara mengganti nomor telepon di WhatsApp tanpa perlu kehilangan chat:

  1. Masukkan kartu SIM baru ke ponsel
  2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel lalu buka Pengaturan > Akun > Ganti nomor > Lanjut
  3. Masukkan nomor telepon lama dan nomor telepon baru di kolom yang ada. Pastikan nomor yang dimasukkan dalam format internasional lengkap
    Ketuk Lanjut untuk pindah ke tahap selanjutnya
  4. WhatsApp akan menanyakan apakah kalian mau memberikan notifikasi pergantian nomor telepon ke kontak kalian. Kalian bisa memilih antara tiga opsi yaitu ‘Semua kontak’, ‘Kontak yang berada di daftar chat saya’, atau ‘Khusus. Kalau kalian memilih opsi ‘Khusus’ maka kalian harus mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu ketuk tanda centang
  5. Perlu diingat kalau grup yang kalian ikuti akan langsung diberi tahu soal penggantian nomor telepon, terlepas dari pilihan kalian untuk memberi tahu kontak
  6. Setelah semuanya sesuai, ketuk Selesai untuk menyelesaikan proses penggantian nomor.

Setelah itu WhatsApp akan meminta kalian untuk memverifikasi nomor yang baru saja didaftarkan. Kalian akan mendapatkan kode enam digit lewat SMS atau telepon untuk menyelesaikan proses registrasi. Setelah terdaftar, chat WhatsApp kalian akan tetap tersedia di nomor telepon baru.

Tapi untuk mengganti nomor baru dan ponsel baru, kalian harus melakukan langkah ekstra yaitu memastikan semua chat dan data sudah dicadangkan di Google Drive atau iCloud, tergantung dari ponsel yang kalian gunakan.

Sebelum memindahkan akun WhatsApp ke ponsel baru, kalian harus mengganti nomor lama ke nomor baru di ponsel lama menggunakan cara di atas. Setelah itu instal WhatsApp di ponsel baru dan daftarkan nomor telepon baru. Ikuti petunjuk untuk memulihkan cadangan dan akun WhatsApp kalian bisa digunakan seperti biasa tanpa ada chat yang hilang. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom

5 / 100
banner 325x300