PLTU Teluk Sirih di Padang Terbakar, Pasokan Listrik Aman, Polisi Selidiki Korban Jiwa

PLTU Teluk Sirih di Bungus terbakar. (Foto: Istimewa)

PADANG, FOKUSRIAU.COM-Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih milik PT PLN (Persero) di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kota Padang, Sabtu pukul 05.06 WIB terbakar. Kebakaran terjadi di area Belt Conveyor (BC 7 & BC 8).

Kebakaran yang berlangsung selama empat jam itu berhasil dipadamkan pukul 09.15 WIB, setelah mobil pemadam kebakaran PLN UPK Teluk Sirih dan proteksi hydrant tiba.

Dari hasil identifikasi, kerusakan peralatan memerlukan waktu recovery atau perbaikan kurang lebih 25 hari. Selain kerugian material, peristiwa PLTU terbakar ini merenggut nyawa seorang pekerja bernama Firmansyah. Ia meninggal setelah berupaya memadamkan api.

Fery Setiawan Effendi, Manager PLN UPK Teluk Sirih menyampaikan, kebakaran tidak berdampak pada suplai energi listrik ke masyarakat di wilayah Sumatera Barat.

“Kebakaran Belt Conveyor di PLTU Teluk Sirih sudah berhasil dipadamkan dalam waktu 4 jam, dipastikan sistem kelistrikan Sumatra Barat aman,” terang Fery, Minggu (9/1/2021).

PLN memastikan, pasokan listrik untuk masyarakat aman usai terjadinya peristiwa kebakaran tersebut.

“Kebakaran ini tidak berdampak pada pasokan energi listrik ke masyarakat di wilayah Sumatera Barat,” kata General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIK SBS) Djoko Mulyono dalam keterangan pers seperti dikutip dari Antara.

PLN berkomitmen untuk menyediakan kelistrikan yang handal sekaligus aman untuk Sumatra Barat, sekalipun terjadi kebakaran di tengah pandemi covid-19.

Menurutnya, gerak cepat para petugas PLN Unit Pelaksana Pembangkit Teluk Sirih menggunakan mobil pemadam kebakaran dan sistem proteksi hidran berfungsi dengan baik, sehingga upaya tersebut berhasil memadamkan kobaran si jago merah dalam waktu yang cepat, yaitu sekitar 4 jam.

Peristiwa itu juga masih dalam tahap penyelidikan Polresta Padang, untuk mendalami peristiwa dan mencari tahu penyebab kebakaran.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir mengatakan, pihaknya telah mengerahkan tim ke lokasi untuk memeriksa dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Sabtu lalu. Kepolisian juga telah memintai keterangan para saksi sehubungan dengan adanya korban jiwa dalam kebakaran tersebut. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

5 / 100
banner 325x300