Dampak PPN 11 Persen, Harga Xpander dan Pajero Sport Terkerek Naik

Mitsubishi Xpander Cross CVT di IIMS Hybrid 2022. (Foto: Kompas.com/Stanly Ravel)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Tak hanya karena PPnBM 50 persen yang sudah berakhir, kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen awal April juga memberikan dampak terhadap harga mobil baru.

Salah satunya, seperti produk keluaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Terhitung 1 April, banderol on the road (OTR) untuk Xpander dan Pajero Sport mengalami kenaikan harga yang bisa dibilang cukup lumayan.

Lantas berapa kisaran kenaikan harga tiap moel tersebut mengikuti regulasi baru dari PPN yang tercantum dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Deputy Group Head Sales and Marketing Planning and Operation Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Muhammad Arwani mengatakan, pihaknya sudah memberlakukan harga baru dengan kenaikan antara Rp 3 juta sampai Rp 7 jutaan.

“Jadi memang kenaikan PPN 11 persen berpengaruh pada harga Mitsubishi. Sebagai estimasi kisaran harganya (kenaikan) karena adanya PPN dan BBM 2022 untuk Xpander kisaran kenaikan harganya Rp 3 juta, dan untuk Pajero Sprot ada rentang antara Rp 5 juta sampai Rp 7 juta sesuai dengan variannya,” kata Arwani dalam sesi konferensi pers virtual MMKSI, Senin (4/4/2022).

Untuk lebih detail soal harga jual mulai April 2022 imbas kenaikan PPN, Arwani menjelaskan banderol terbaru dari produk-produknya sudah di-update pada situs resmi MMKSI.

Sementara itu, ketika ditanya apakah adanya kenaikan harga pada produk Mitsubishi bisa berpengaruh terhadap penjualan, apalagi menjelang momen Lebaran, General Manager of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Amiruddin mengatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

6 / 100