Rakor Bersama Gubernur, Bupati Afrizal: Kasus Karhutla di Rohil Masih Minim

Bupati Afrizal Sintong didampingi Wabup Sulaiman dan Formkopimda mengikuti vidio confrence. (Foto: Istimewa)

ROKAN HILIR, FOKUSRIAU.COM-Gubernur Syamsuar memimpin rapat koordinasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama seluruh bupati, walikota dan Forkopimda di Riau secara virtual, Senin (11/4/2022).

Di Rokan Hilir (Rohil), rapat diikuti Bupati Afrizal Sintong, Wabup Sulaiman, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto dan stakeholder lainnya.

Gubernur menyampaikan arahan presiden Jokowi mengajak semua kepala daerah agar memprioritaskan upaya pencegahan melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot dan pemantauan kondisi harian di lapangan.

“Presiden juga meminta infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai ke bawah dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa serta mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat,” ujar gubernur.

Gubernur juga meminta kepala daerah di Riau menyiapkan posko satgas karhutla berikut sarana dan dana penanganan karhutla.

Sementara itu, Bupati Afrizal Sintong mengatakan, untuk Rohil kasus karhutla masih tergolong minim.
Hal ini tidak terlepas dari kerja keras semua unsur baik pemerintah daerah, TNI, Polri serta lainnya yang secara aktif melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Menurut bupati, dua tahun terakhir bencana karhutla di Rohil bisa teratasi dengan baik.

Meski demikian, Afrizal Sintong mengimbau seluruh masyarakat agar bersama-sama melakukan pencegahan karhutla. (*)

Penulis: Dewi
Editor: Boy Surya Hamta

8 / 100
banner 325x300