Pelaku Curanmor dan Pembobol Rumah Warga Inhu Dibekuk di SPBU

Tersangka RW pelaku Curanmor dan pembobolan rumah saat diamankan aparat Kepolisian Polres Inhu. (Foto: Istimewa)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Unit Reserse Kriminal Polsek Peranap membekuk pencuri sepeda motor seorang mahasiswa dan spesialis pembobol rumah warga yang selama ini meresahkan warga Inhu, Riau.

Tersangka berinisial RW (39), warga Jalan Sawit, Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap, Inhu dan diamankan di SPBU Peranap, Selasa (2/8/2022) sekitar pukul 04.30 WIB. Bersamanya juga diamankan sepeda motor hasil curiannya.

Kapolres AKBP Bachtiar Alponso melalui PS Kasubsi Penmas Aipda Misran, Rabu (3/8/2022) membenarkan kejadian tersebut.

Berdasarkan laporan Polsek Peranap, Rabu (20/7/2022) sekira pukul 23.00 WIB, korban bernama Kefin Mahendra (24), mahasiswa asal Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) memarkirkan sepeda motor jenis Honda CBR dengan plat BA 2411 LG dalam garasi rumah di Jalan Napal, Kecamatan Peranap.

Tak lupa korban mengunci stang sepeda motor dan menggembok piringan rem cakram bagian belakang serta menutup pintu garasi sebelum masuk ke dalam rumah.

Pagi hari sekira pukul 05.30 WIB, ketika korban hendak berangkat magang, terlihat pintu garasi sudah terbuka, namun korban tetap masuk ke dalam garasi.

Korban mulai panik karena tidak lagi melihat sepeda motornya. Korban dan teman-temannya berusaha mencari di sekeliling rumah, tapi sepeda motornya tak juga ditemukan.

Menyadari sepeda motor itu telah dicuri karena sudah berusaha mencari selama beberapa hari, Jumat (22/7/2022) malam, korban ke Polsek Peranap guna melaporkan kejadian yang dialaminya, korban mengalami kerugian sekitar Rp 18 juta.

Setelah menerima laporan korban, unit Reskrim Polsek Peranap langsung melakukan penyelidikan.

Senin (1/8/2022) pukul 17.00 WIB, personel Reskrim Polsek Peranap mendapat informasi ada seorang laki-laki yang menitipkan sepeda motor jenis sama dengan sepeda motor korban pada Kelana, warga Desa Peladangan Kecamatan Batang Peranap.

Informasi itu dilaporkan ke Kapolsek Peranap, AKP Bahagia Ginting. Kapolsek kemudian mengintruksikan Kanit Reskrim Aiptu Yusmar dan anggotanya serta Bhabinkamtibmas setempat turun ke lapangan melakukan penyelidikan.

Selasa (2/8/2022) sekira pukul 02.00 WIB, tim mengamankan satu unit sepeda motor di rumah Kelana.

“Kelana mengakui jika sepeda motor itu dititipkan oleh temannya, RW. Setelah mengantongi identitas RW, tim memburunya, tak butuh waktu lama mendeteksi keberadaan RW. Pada pukul 04.30 WIB, tim meringkus RW dilokasi SPBU Peranap,” ujar Misean.

Pada tim, RW mengaku telah mencuri sepeda motor korban, Rabu (20/7/2022) sekitar pukul 04.00 WIB.

Atas pengakuan tersebut, tim menggelandang pelaku ke Polsek Peranap untuk proses selanjutnya.

“Ketika diperiksa, RW juga mengaku telah membobol rumah alias maling atau Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) sesuai laporan Helwahyudin (39) warga Pincuran Mas Desa Sikakak Kecamatan Peranap ke Polsek Peranap, 9 Januari 2021 lalu,” ujar Misran seperti dikutip FokusRiau.Com dari TribunPekanbaru/com.

Aksi tersangka membobol rumah korbannya diketahui tanggal 9 Januari 2021 sekitar pukul 01.00 WIB, saat itu korban pulang kerumahnya. Saat masuk, korban tak lagi melihat televisi LCD ukuran 22 inci diruang tamu.

Kemudian, korban mengecek lagi barang-barang lain, ternyata 1 unit handphone merek Vivo V17, 1 unit handphone merek Samsung J gold, sepasang sepatu merek Fladeo, 1 unit magig com dan 1 unit blender juga hilang.

Atas kejadian ini, pagi hari, korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Peranap dan kerugian korban ditaksir mencapai Rp 4,6 juta. (tpc/bsh)

5 / 100
banner 325x300