Induk Perusahaan Facebook Kembali PHK 10.000 Karyawan

Facebook kembali melakukan PHK besar besaran. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms Inc menjalankan putaran ketiga atau terakhir PHK besar-besaran dengan memangkas pekerjaan di seluruh unit bisnis dan operasinya.

Salah satu perusahaan media sosial terbesar di dunia itu mengurangi 10.000 posisi.

Lusinan karyawan yang bekerja dalam tim seperti pemasaran, keamanan situs, teknik perusahaan, manajemen program, strategi konten dan komunikasi perusahaan untuk LinkedIn menyatakan termasuk yang diberhentikan, demikian dilaporkan Reuters, Kamis (25/5/2023.

Raksasa media sosial ini juga memberhentikan karyawan dari unit-unitnya yang berfokus pada privasi dan integritas, menurut posting LinkedIn.

Meta awal tahun ini menjadi perusahaan teknologi besar pertama yang mengumumkan putaran kedua PHK massal, setelah memberhentikan lebih dari 11.000 karyawan di musim gugur tahun lalu.

PHK membuat jumlah karyawan perusahaan turun seperti saat didirikan pertengahan 2021.

Saham perusahaan ditutup sedikit turun di pasar yang melemah. Mereka memiliki nilai lebih dari dua kali lipat tahun ini dan merupakan salah satu yang berkinerja terbaik dalam indeks S&P 500 berkat pemotongan biaya dan fokus Meta pada kecerdasan buatan.

Kepala eksekutif Meta Mark Zuckerberg Maret lalu mengatakan. sebagian besar PHK di babak kedua perusahaan akan berlangsung dalam tiga momen selama beberapa bulan, sebagian besar selesai pada bulan Mei. Beberapa putaran kecil bisa berlanjut setelah itu, katanya.

Secara keseluruhan PHK telah mencapai peran non-rekayasa yang paling berat. Zuckerberg berjanji untuk merestrukturisasi tim bisnis “secara substansial” dan kembali ke “rasio insinyur yang lebih optimal terhadap peran lain.”

Bahkan di antara pemotongan yang ditujukan secara khusus untuk tim teknologi, perusahaan menghilangkan peran non-rekayasa seperti desain konten dan penelitian pengalaman pengguna, menurut para eksekutif setelah putaran terakhir PHK pada bulan April.

Sekitar 4.000 karyawan kehilangan pekerjaan pada bulan April, Zuckerberg mengatakan, menyusul pukulan yang lebih kecil untuk tim perekrutan pada bulan Maret.

Perusahaan media sosial ini mengatakan pada Rabu, 23 Mei 2023, bahwa pemotongan terbaru kemungkinan akan berdampak pada sekitar 490 karyawan di kantor pusat internasional di Dublin, atau hampir 20% dari tenaga kerja di kantor Irlandia itu.

Dua eksekutif puncak di Pasar Utama India – Direktur Pemasaran Avinash Pant dan Saket Jha Saurabh, Direktur dan Kepala Kemitraan Media – juga diberhentikan, menurut dua orang dengan pengetahuan langsung tentang masalah tersebut.

Kedua eksekutif tidak segera menanggapi permintaan komentar.

PHK Meta mengikuti berbulan-bulan pertumbuhan pendapatan yang turun di tengah inflasi tinggi dan penarikan iklan digital dari ledakan e-commerce selama pandemi.

Perusahaan ini juga telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam unit reality labs yang berorientasi Metaverse, yang kehilangan $13,7 miliar pada 2022, dan sebuah proyek kecerdasan buatan. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *