Baliho Bacaleg Menjamur di Riau Jelang Masa Kampanye, Bawaslu Surati Parpol

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT). Karena pengumuman resmi sesuai jadwal baru akan dilakukan 4 November 2023 mendatang.

Namun kenyataanya, sejumlah bakal calon anggota legislatif atau Bacaleg sudah tak sabar untuk tampil mensosialisasikan diri.

Mereka mulai sibuk membuat baliho dengan menampilkan nomor urutnya. Sepertinya, para Bacaleg begitu percaya diri dengan nomor urut sekarang, meski masih dalam Daftar Calon Sementara yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Merespon hal itu, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal kemudian menyurati partai politik peserta Pemilu untuk meminta kadernya menahan diri dan jangan mencuri start kampanye.

“Kita sudah surati Parpol sebagai peserta Pemilu, karena saat ini yang terdata sebagai peserta Pemilu 2024 adalah Parpol, bukan Bacaleg,” katanya.

Dikatakan, saat ini para Bacaleg belum termasuk dalam peserta Pemilu, maka untuk saran perbaikan diberitahukan ke Parpol.

“Para Bacaleg ini kan masih termasuk orang. Mereka bisa ditetapkan DCT nanti, namun bisa saja tidak. Maka kita ingatkan ke partai. Kita ingatkan hal ini, agar tak mendahului masa kampanye,” katanya.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 pencermatan rancangan DCS dimulai pada 6 Agustus 2023 sampai 11 Agustus 2023. Setelah itu, masuk ke tahapan penyusunan dan penetapan DCS pada 12 Agustus 2023 sampai 18 Agustus 2023.

Setelah itu, masuk ke pengumuman DCS pada 19 Agustus 2023 sampai 23 Agustus 2023. Kemudian, ada tahapan masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS mulai 19 Agustus 2023 sampai 28 Agustus 2023.

Setelah masukan dan tanggapan masyarakat atas DCT itu, Parpol bisa mengajukan pengganti Calon Sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Parpol diberi waktu mulai 14 September 2023 sampai 20 September 2023.

Setelah itu, masuk verifikasi atas pengajuan pengganti calon sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, mulai 21 September 2023 sampai 23 September 2023.

Selajutnya tahapan pencermatan rancangan DCT 24 September sampai 3 Oktober, disusul penyusunan dan penetapan DCT 4 Oktober sampai 3 November. Setelah itu DCT diumumkan 4 November 2023. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *