News  

500.000 Ton Beras Impor Masuk Indonesia

Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut 500.00 ton beras impor sisa penugasan impor tambahan tahun 2023 sudah masuk Indonesia. (Foto: CNN Indonesia)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengungkap, 500.000 ton beras impor telah masuk Indonesia. Jumlah itu merupakan bagian dari sisa penugasan impor tambahan tahun lalu sebesar 1 juta ton.

“Sudah masuk (500 ribu ton),” kata Bayu di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (29/1/2024).

Sementara untuk kuota beras impor sebanyak 2 juta ton tahun ini, masih dalam proses. “Sudah dalam proses, semuanya sedang kita laksanakan untuk dukung program tugas Bulog, bantuan pangan dan SPHP,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan, beras impor yang akan masuk tahun ini diperkirakan 3 juta ton, gabungan 1 juta ton kuota tambahan tahun lalu dan 2 jua ton kuota tahun ini.

“Kalau 2023 kan 2 juta, ditambah 1,5 juta ton. Kan sisanya 1 juta. Nah tahun ini 2 juta. Kuota itu kan diterbitkan tahun lalu dan enggak bisa penuhi semua (di 2023), jadi untuk carry over 2024,” ujar Bayu dikutip FokusRiau.Com dari detikcom.

Untuk beras impor 2 juta ton tahun ini, sambungnya, masih melihat terlebih dahulu kebutuhan dalam negeri. Jika produksi dalam negeri cukup untuk cadangan beras pemerintah (CBP), maka impor tidak akan dilakukan lagi.

“Nanti kuota 2 juta, misalnya sudah cukup impor sejuta, ya kalau kurang ya kita nambah, bukan kuota itu harus habis. Tetapi kalau tanam itu 2 juta ha, 2 juta ha, ya kita enggak usah impor, kenapa harus impor? Tetapi ini harus kita kerjain, Pak Presiden minta kita punya cadangan 3 juta ton,” tukasnya. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *