News  

Tol Pekanbaru-Koto Kampar Akan Beroperasi Saat Idul Fitri 2024

Jalan Tol di Riau, Gerbang Tol Bangkinang-Koto Kampar. (Foto:TribunPekanbaru)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Ruas tol Pekanbaru-Koto Kampar direncanakan mulai beroperasi saat Idul Fitri nanti. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 12 Januari 2024 lalu mengatakan, ruas Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km kini dalam progres konstruksi dan sudah mencapai 94,42 persen.

Tol Bangkinang-Pangkalan tahap 1 adalah ruas Bangkinang-Koto Kampar. “Kita berharap, pada Hari Raya Idul Fitri 2024 nanti, Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang dan Kecamatan XIII Koto Kampar sudah bisa tersambung,” ujar BAsuki.

Dikatakan, bulan April 2024 nanti, jalan tol Pekanbaru-Koto Kampar sudah bisa dioperasionalkan dengan maksimal. Jalan Tol Pekanbaru Pangkalan memiliki panjang 101 Kilometer.

Pembangunan Tol Pekanbaru Pangkalan dibangun dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah Pekanbaru-Bangkinang dengan panjang 40 Km. Saat ini, ruas Tol Pekanbaru Bangkinang sudah beroperasi penuh. Selanjutnya, sesi Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 Km.

Kemudian sesi ketiga adalah Koto Kampar Pangkalan dengan panjang 30 Km.

Tol Padang Sicincin
Sementara itu, pembangunan jalan Tol Padang Sicincin diproyeksikan tuntas pada bulan Juli tahun 2024. Diperkirakan, Juli tersebut jalan Tol Padang Sicincin sudah bisa dioperasikan.

Dikutip dari laman instagram @hkinfrastruktur disebutkan, saat ini progres pembangunan jalan tol Padang Sicincin sudah mencapai 47.22 persen.

“Kita memasang target. jalan Tol Padang Sicincin selesai dan fungsionl pada Juli 2024,” sebut Humas HK Infrasturktur, Andi Prahmana, Jumat (26/1/2024).

Selain itu, Andi menyebut, saat ini progres pengadaan lahan untuk lintasan jalan Tol Padang Sicincin tersebut sudah mencapai 90.10 persen.

“Mudah-mudah pembangunan jalan Tol Padang Sicincin ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan,” ujarnya.

Jalan tol Padang Sicincin merupakan bagian dari jaringan Tol Padang Pekanbaru. Jalan tol ini merupakan sesi 1 dari jalur tol tersebut. Panjang jalan tol Padang Sicincin sendiri adalah 36,6 Kilometer.

“Apabila jalan tol Padang Sicincin tuntas, maka waktu tempuh antara kedua kota tersebut yang sebelumnya adalah 1,5 jam, dipersingkat menjadi setengah jam saja,” ujar Andi. (bsh/tribunpekanbaru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *