Galeri  

Pemkab Rohul Taja Potang Bolimau Menyambut Ramadan

Wabup Indra Gunawan menyiram kepala salah seorang pejabat dengan air limau. (Foto: Istimewa)

ROKAN HULU, FOKUSRIAU.COM-Ribuan masyarakat dengan penuh antusias mengikuti ritual tradisi Potang Bolimau yang digelar Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Kegiatan menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah tersebut berlangsung di halaman Masjid Islamic Center, Minggu (10/3/2024) sore.

Potang Bolimau merupakan tradisi khas daerah ini yang sudah berlangsung turun temurun setiap Ramadan datang. Potang Bolimau diawali dengan salat Ashar berjamaah. Setelah itu, Wakil H Indra Gunawan bersama sejumlah pejabat dan undangan lainnya keluar masjid.

Rombongan disambut dengan penuh kegembiraan oleh masyarakat yang sudah datang dari siang untuk menghadiri acara tahunan tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan khidmat. Iringan musik daerah brudah diikuti dengan atraksi pencak silat berhasil menambah decak kagus masyarakat yang menonton.

Wabup Indra Gunawan mengatakan, tradisi Potang Bolimau tahun ini sengaja dilakukan di halaman Masjid Islamic Center. Alasannya, untuk mengantisipasi keramaian di sepanjang aliran Sungai Rokan yang sewaktu-waktu bisa meluap bila banjir melanda, akibat cuaca yang tidak menentu.

“Potang Bolimau ini lebih dari sekadar ritual budaya. Karena kegiatan ini juga merupakan warisan turun temurun yang harus terus dilestarikan,” kata Indra.

Ditambahkan, dalam menyambut bulan suci Ramadan ini, Potang Bolimau menjadi momen berbagi dengan sesama, karena panitia juga menyediakan sejumlah bingkisan untuk diberikan kepada anak yatim.

“Perlunya menjaga kondusifitas selama menjalankan ibadah puasa, dengan mengajak seluruh masyarakat saling menghormati. Namun yang terpenting, bagaimana kita saling menghargai satu sama lain di masyarakat, meski terdapat perbedaan keyakinan,” katanya.

Kegiatan Potang Bolimai kemudian ditutup dengan lantunan sholawat yang mengalun merdu dan menimbulkan suasana damai. Terakhir, tamu undangan saling bermaaf maafan dan berharap saat memasuki bulan suci Ramadan bisa kembali bersih. (*)

Wabup Indra Gunawan (tengah) didampingi sejumlah pejabat mengusap kepala anak yatim disela pelaksanaan potang bolimau. (Foto: Istimewa)

Wabup Indra Gunawan menyiramkan air limau kepada salah seorang pejabat Pemkab Rohul. (Foto: Istimewa)

Wabup Indra Gunawan menyalami anak-anak yatim yang disantuni. (Foto: Istimewa)

Wabup Indra Gunawan (tenga) bersama sejumlah pejabat dan undangan lainnya serta warga berdoa. (Foto: Istimewa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *