Lahan Gambut di Siak Riau Terbakar, Sumber Air Minim

Petugas Manggala Agni berjibaku memadamkan titik api karhutla, di Desa Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (15/3/2024). Foto: (Dok.Manggala Agni Siak)

SIAK, FOKUSRIAU.COM-Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla kembali terjadi di Desa Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (15/3/2024). Luas lahan gambut yang terbakar kini mencapai lebih kurang lima hektare.

“Sekitar 5 hektar lahan yang terbakar. Lumayan sulit dipadamkan, karena tanah gambut,” kata Komandan Regu 3 Manggala Agni Daops Sumatera VI/Siak, Alijal, Jumat siang.

Disebutkan, tim Manggala Agni Siak sudah dua hari melakukan pemadaman titik api karhutla tersebut. Pemadaman dilakukan bersama TNI, Polri, Damkar, BPBD dan masyarakat peduli api. Kondisi di lokasi penuh dengan asap yang keluar dari dalam gambut.

Terik matahari juga sangat panas, yang membuat pemadaman menjadi lambat. Tidak hanya itu, upaya pemadaman api cukup terkendala karena minimnya sumber air.

“Kesulitan kami pemadaman, seperti sumber air minim. Angin juga memengaruhi, karena tidak jauh dari pinggir laut,” sebut Alijal dikutip FokusRiau.Com dari laman kompas.com.

Petugas gabungan kini terus berjibaku memadamkan api. Petugas berupaya menyekat kepala api, agar tidak semakin meluas. (kcm/bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *