5 Makanan Berikut Ternyata Baik untuk Kesehatan Hati

Kacang Almond merupakan sumber vitamin E membantu mencegah penyakit hati berlemak. (Foto: Unsplash)

Bayam
Sayuran hijau seperti bayam memiliki antioksidan yang kuat seperti glutathione. Jenis antioksidan ini membantu menjaga hati bekerja dengan baik. Dikutip dari Medical News Today, kandungan senyawa nitrat anorganik dalam bayam dapat membantu mencegah penyakit hati berlemak non-alkohol.

Kopi
Studi menunjukkan, kopi bermanfaat untuk melindungi hati dari kerusakan karena lemak dan alkohol. Penelitian lain juga mendapati kopi menurunkan risiko kanker hati.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan terutama kacang almond merupakan sumber vitamin E. Studi mendapati vitamin E dapat membantu mencegah penyakit hati berlemak. Selain makan makanan bergizi, hindari pula mengonsumsi makanan berlemak tidak sehat. Sebab jika dibiarkan, kebiasaan ini akan membuat hati bekerja lebih keras.

Kurangi pula konsumsi gula karena gula bakal diolah menjadi lemak yang buruk untuk hati. Selain itu, hindari makanan cepat saji dan makanan olahan. Mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan hati lambat laun bisa membuat bagian organ ini mengalami peradangan sehingga memicu munculnya sejumlah penyakit.

Masukkan makanan-makanan yang baik untuk hati dalam makanan sehari-hari agar hati tetap sehat. Konsumsi pula air putih yang cukup untuk membantu hati bekerja dengan baik. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *