Bila Anda Sembelit dan Sudah BAB, Cobalah 7 Makanan Sehat Berikut

Brokoli. (Foto: Istimewa)

Kacang
Kacang juga kaya akan sehat yang dapat membantu BAB lancar dan teratur setiap hari. Kacang mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang cukup untuk meredakan gejala sembelit, kembung, dan gas di dalam perut.

Ubi jalar
Dikutip dari Health Line, ubi mengandung serat tidak larut yang tinggi seperti selulosa, lignin, dan pektin. Semua kandungan ini berfungsi melancarkan pembuangan tinja.

Alpukat
Alpukat kaya akan nutrisi serat larut dan tidak larut yang dapat mengatasi sembelit dengan cepat. Serat di dalam alpukat dapat melunakkan dan mendorong kotoran keluar dari tubuh.

Yogurt
Produk susu fermentasi seperti yogurt dan kefir kaya akan probiotik yang baik untuk mencerna makanan di usus. Bakteri baik ini dapat mempercepat proses pencernaan dan pembuangan feses.

Brokoli
Dikutip dari Medical News Today, brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan melancarkan pencernaan. Studi menunjukkan konsumsi brokoli dapat mempercepat buang air besar dan mengurangi gejala sembelit.

Konsumsilah makanan sehat ini setiap hari agar dapat memperlancar BAB dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kotoran yang terlalu lama mengendap di dalam usus tak baik untuk kesehatan. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *