Viral Video Adu Anjing dengan Hewan Dilindungi, Berikut Penjelasan Kapolres Pelalawan

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK. (Foto: TribunPekanbaru)

Ada juga infeksi di bagian tubuhnya dan menderita diare. Langsung dilakukan pengobatan. “Kata dokter memang penyakitnya parah banget. Sebagai pecinta binatang saya langsung ambil tindakan penyelematan. Setelah agak bagus kondisinya, bawa lagi ke dokter. Dua dokter yang menangani,” tambah Indra.

Selama hampir enam hari dirawat, Owa dirawat dengan baik dan dipertemukan dengan anjing peliharaannya. Tak disangka Owa dan anjing berteman baik hingga tidur berdua.

Ketika Owa bermain dan bercanda dengan anjing, seperti dalam video tersebut, itulah yang dinilai orang sengaja melaga atau mengadu.

Pemelintiran itu berlanjut dan menyebar kemana-mana, padahal kenyataannya bukan beradu, tapi malah bermain-main. “Kalau monyet berantam, pasti lari-lari dan kabur. Di video itukan enggak. Malah dekatin anjing. Itulah yang diplintir sama orang-orang. Jadi itu hoax,” katanya.

Diterangkan, sebagai pecinta hewan reptil dan binatang lainnya, sangat tidak mungkin melaga binatang peliharaannya hingga berujung kematian.

Di sisi lain, dokter hewan yang merawat Owa itu telah memprediksi jika umur primata itu tidak akan panjang mengingat kondisinya yang kritis, lantaran sudah lama dibuang oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Terkait izin memelihara hewan langka, sebenarnya Indra hanya berfikir untuk menyelamatkan kondisi Owa tersebut sebagai langkah pertama, sebelum mati akibat keadaannya yang sekarat.

Apalagi kesibukan Kapolres Indra sangat padat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember lalu, hingga tidak sempat mengurus izin yang dibutuhkan.

Seandainya Owa tersebut selamat dan sehat, akan dilaporkan ke pihak yang berwenang untuk dirilis ke habitatnya. Namun takdir berkata lain dan primata itupun mati.

“Bukannya saya tak menghargai pemerintah terkait izinnya. Yang ada dipikiran saya terlebih dahulu menyelamatkan binatang itu. Bahkan keluarga saya sudah dekat dengan Owa itu,” tukasnya. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru

banner 325x300