Sampah Masih Menumpuk di Pekanbaru, Begini Penjelasan DLHK

oleh -49 views
Sampah masih menumpuk di sejumlah lokasi di Pekanbaru, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Sampai hari ini, tumpukan sampah masih bermunculan di beberapa sudut Pekanbaru. Salah satunya di kawasan Jalan Harapan Raya, terutama sekitar lokasi taman rekreasi Alam Mayang. Padahal, pengelola angkut sampah sudah ditunjuk dan mulai bekerja.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru Hendra Afriadi menjelaskan, pihak ketiga saat ini dalam penyesuaian soal pengangkutan sampah di wilayah pemukiman.

Selain itu, pihak ketiga sedang mengidentifikasi di mana titik penumpukan. Dia menyebut, saat ini yang diprioritaskan adalah jalan protokol. “Selama masa transisi ke pihak ketiga dulu kan ada beberapa titik tumpukan baru. Itu sudah mulai diidentifikasi dan menjadi prioritas oleh pihak ketiga,” kata Hendra, Selasa (30/3/2021).

Diakui, memang ada keterlambatan. Tapi bukan berarti tidak diangkat. DLHK sebagai regulator terus memantau dan mengawasi pelaksanaan tugas pihak swasta di lapangan.

“Kita evaluasi setiap minggu. Mereka juga mengidentifikasi muasal tumpukan sampah itu dari mana. Sehingga pihak swasta bisa langsung masuk ke sumber sampah yang diangkut,” ulasnya.

Disebut, swasta berkoordinasi dengan pengangkut mandiri, seperti RT RW dan LPM. Pihak ketiga menyiapkan Container Bin dan ditempatkan di dua zona pada titik yang telah disepakati dengan pihak mandiri. “Jadi silahkan buang ke Container Bin. Jadi nanti sampah yang dibuang langsung ditampung swasta ini,” tukasnya. (*)


Sumber: Cakaplah

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *