Berminat Jadi PNS di 10 Instansi Berikut? Segera Lengkapi Syaratnya

oleh -0 views
Ilustrasi. (Foto: CNBCIndonesia)

JAKARTA-Pendaftaran CPNS dan CPPPK tahun ini dipastikan mulai dibuka Juni 2021. Namun tanggal pastinya masih menunggu pengumuman secara resmi.

“Semoga bulan ini (pendaftaran dimulai),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama BKN, Paryono.

Meski demikian, berbagai Kementerian dan Lembaga (K/L) sudah mengumumkan jumlah formasi yang dibutuhkan di tahun ini. Instansi ini pun memberikan syarat yang diperlukan untuk kebutuhan formasinya.

Pengumuman dilakukan melalui media sosial resmi masing-masing. Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, berikut daftar 10 instansi yang sudah mengumumkan kebutuhan formasi:

Kementerian Luar Negeri
Kemenlu membuka 20 formasi untuk CPNS tahun ini. Diantaranya untuk diplomat, perencanaan peraturan perundang-undangan, auditor hingga analis kompetensi tenaga pengajar. Setidaknya ada 20 posisi yang dibuka oleh Kemenlu. Artinya, untuk satu posisi dibutuhkan satu orang saja.

Polri
Polri membuka lowongan untuk 1.035 formasi untuk CPNS tahun ini. Lowongan ini dibuka baik untuk tenaga medis dan juga tenaga teknis. Rinciannya adalah 907 untuk formasi umum, 104 formasi untuk lulusan terbaik, 21 formasi untuk disabilitas dan 3 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Kementerian Perhubungan
Melalui laman resmi media sosialnya, Kemenhub mengumumkan membuka lowongan CPNS untuk 2.445 formasi. Untuk CPNS Kemenhub akan dibuka untuk berada diseluruh unit kerjanya yakni Setjen, Itjen, Direktorat Laut, Darat, dan Udara. Juga untuk unit perkeretapiaan, badan litbang, BSDMP dan BPTJ.

Tahapan seleksi CPNS Kemenhub terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) 40 persen dan seleksi kompetensi bidang (SKB) 60 persen.

Kejaksaan RI
Kejaksaan RI tahun ini akan membuka lowongan CPNS sebanyak 4.148 formasi. Kebutuhan formasi ini diumumkan melalui media sosial resminya.

Formasi CPNS Kejaksaan diantaranya 1000 formasi untuk posisi Jaksa dengan syarat adalah sarjana hukum terbaik di Indonesia. Kemudian ada juga 527 formasi untuk posisi pranata barang bukti untuk lulusan D3 baik di bidang administrasi, komputer, perkantoran, manajemen hingga sekretaris.

Lalu 495 formasi untuk posisi pengolah data perkara dan putusan, 179 formasi untuk posisi ahli pertama pranata komputer, 141 formasi untuk posisi pengelola pengaduan publik hingga 496 formasi untuk posisi pengadministrasi penanganan perkara. Secara rinci mengenai lowongan CPNS Kejaksaan bisa disimak melalui instagram resminya di @biropegkejaksaan.