Pria di Inhu Riau Menangis Saat akan Divaksin, Ternyata Takut Jarum Suntik

oleh -0 views
Peserta vaksinasi di Inhu menangis saat akan disuntik. (Foto:Merdeka)

INDRAGIRI HULU-Takut melihat jarum suntik, seorang pria di Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau menangis saat akan disuntik vaksin Sinovac Covid-19, Sabtu (26/6/2021). Pria yang diketahui bernama Putra itu merupakan satu dari 499 orang warga yang akan divaksin.

“Jadi tadi ada warga yang takut jarum suntik, tapi tim medis berusaha menenangkannya. Akhirnya dia mau divaksin meskipun sambil menangis setelah kita bujuk,” ujar Kapolres Inhu AKBP Efrizal kepada wartawan.

Menurutnya, vaksinasi massal dilaksanakan tim vaksinator Puskesmas Sipayung dan Dokkes Polres Inhu dan tim kesehatan Kodim 0302 Inhu di halaman Mapolres.

“Vaksinasi massal ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 dengan tema transformasi Polri yang Presisi. Ini untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 agar masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju,” kata Efrizal.

Penyuntikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat dilaksanakan Tim Vaksinator Puskesmas Sipayung dan Dokkes Polres Inhu serta tim kesehatan Kodim 0302 Inhu. “Selain di Mapolres, vaksinasi juga kita lakukan di lapangan seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat. Totalnya 499 orang vaksin tahap I,” ulasnya.

Disebutkan, jumlah warga yang sudah dilakukan vaksin untuk dosis I di Mapolres Inhu sebanyak 161 orang. Dari jumlah itu, 101 vaksin dari Polres Inhu dan 60 vaksin dari Puskesmas Kambesko. “Sedangkan vaksinasi di RTH Rengat sebanyak 330 dosis vaksin tahap I, dan tahap II sebanyak 30 orang,” tuturnya.

Jalur kegiatan vaksinasi, kata kapolres, dimulai dari meja pertama pendaftaran online. Lalu meja kedua pemeriksaan kesehatan (screening). Meja ketiga pemberian vaksin. Meja keempat pengambilan sertifikat. “Kemudian observasi selamat 30 menit, apabila tidak ada keluhan, warga boleh pulang,” tukasnya.

Efrizal menyebut, animo masyarakat untuk melakukan vaksinasi masih sangat tinggi. Sebab, vaksinasi dimulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 13.30 Wib masyarakat masih ramai mendatangi Halaman Mapolres Inhu dan RTH. (*)

Penulis: Obrin
Sumber: Merdeka.com