Inhu Kini Memiliki Laboratorium Uji Limbah Cair

oleh -0 views
Inhu kini telah memiliki laboratorium limbah cair. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Kabupaten Inhu kini telah memiliki laboratorium pegujian limbah bair. Labor tersebut merupakan yang pertama di Riau dan diharapkan bisa menjadi sumber pendapatan daerah.

Plt Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakab Inhu H. Syahruddin S.Sos, MT kepada FokusRiau.Com di Pematangreba, Rabu (30/6/2021) mengatakan, pekan lalu bimbingan teknis peningkatan kapasitas laboratoriuam daerah di Inhu sudah dilaksanakan.

Bukan hanya dari Inhu, Kabupaten Inhil, Kuansing dan Pelalawan serta sejumlah OPD Pemkab Inhu, seperti Bappeda, BKD dan anggota DPRD Inhu juga menghadiri acara pembukannya.

Saat ini, personil teknis laboratorium sedang mengikuti pelatihan selama tiga bulan dibimbing ahli dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES). “Setelah pelatihan, diharapkan petugas teknis di labor kita menjadi tenaga andal dalam pegujian limbah pabrik sawit, karet serta limbah air permukaan,” ujarnya.

Bila laboratorium yang berada di bawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tersebut berjalan efektif, menurut Syahruddin, tentu akan menambah pendapatan daerah. Apalagi di Inhu dan kabupaten tetangga banyak perusahaan sawit yang akan menguji kadar limbah pabriknya.

“Untuk menghasilkan uji maksimal, bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas personil laboratorium dalam melaksanakan tugas pengujian parameter parameter yang dibutuhkan nantinya,” tukasnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta