Pemerintah Perpanjang PPKM Level IV, Ini Harapan Ketua DPD PUTRI Riau

Ketua DPD PUTRI Riau, Riyono Gede Trisoko. (Foto: M YAsier/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Sebagai masyarakat, sepantasnya menyambut baik setiap kebijakan pemerintah pro rakyat. Salah satunya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Saat ini, meski kasus positif Covid-19 terus meningkat dan pemerintah terus memperketat PPKM Level 4, namun masyarakat harus tetap semangat beraktivitas. Butuh semangat dan optimisme untuk tetap bisa bertahan di tengah pendemi saat ini.

“Saya melihat, apa yang dilakukan masyarakat merupakan apresiasi positif yang mengarah kepada keberhasilan pemerintah dalam penanganan covid 19. Ini harus kita apresiasi dengan menciptakan strategi penanganan dan pemulihan ekonomi,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesi (DPD PUTRI) Provinsi Riau, Riyono Gede Trisoko, Selasa (3/7/2021).

Menurut Riyono, saat ini pemerintah sudah mengizinkan tempat wisata buka dengan berbagai syarat. Salah satunya, bisa saja pengunjung masuk bila memiliki kartu vaksin. “Barangkali ini akan mempunyai nilai lebih. Sehingga berangsur PPKM bisa turun ke level lebih rendah,” tukasnya.

Dalam suatu kawasan dengan kondisi masyarakat sudah tervaksin, kata Riyono, tentu akan menjadi lebih baik, terutama dari sisi psikologis sosialnya. Ini yang harus dijaga seolah-olah ada jembatan dalam arah penanganan kebijakan antara penanganan covid dengan pemulihan ekonomi.

Dengan penerapan PPKM ini, menjadi suatu kesempatan bagi semua pelaku usaha pariwisata untuk bisa membuat satgas sendiri. Misalnya, mulai melakukan pemantauan, pemeriksaan pengecekan, penghimbauan dan penindakan dengan bekerjasama BINMAS dan Bhabinkamtibmas sebagai inisiator. (*)

Penulis: M Yasier
Editor: Boy Surya Hamta