Ketika Masyarakat Inhu Ingin Vaksin, Malah Persediaan Kosong

Martimbang Simbolon (tengah) mendengarkan keluhan masyarakat kala melakukan reses. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Keinginan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu, Riau untuk divaksin Covid 19 terhalang kekosongan stok. Di Kecamatan Batang Gansal, ramai masyarakat datang ke Puskesmas setempat mendaftar untuk mengikuti vaksinasi.

“Ramai masyarakat datang untuk divaksin, namun tidak ada persediaan vaksin,” ujar anggota DRPD Inhu, Martimbang Simbolon kepada FokusRiau.Com di gedung DPRD Inhu, Kamis (12/8/2021).

Martimbang mengaku kaget, begitu menerima laporan masyarakat saat reses di tiga titik dapil 2 Inhu tanggal 14-16 Juli 2021 kemarin. “Ada salah satu keluhan masyarakat yang saya terima, terkait kekosongan stok vaksin di Puskesmas,” ujarnya.

Sementara masyarakat yang akan keluar kota, tanda vaksin menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Tetapi ironisnya, saat masyarakat datang ke puskesmas untuk divaksin, malah vaksinnya tidak ada.

Untuk itu, Martimbang meminta pemerintah mencarikan solusinya. “Tingginya minat masyarakat untuk mengikuti vaksin, harus disikapi Dinas Kesehatan atau pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi merupakan bentuk ketaatan masyarakat terhadap imbauan pemerintah dalam menangani pendemi Covid 19.

“Kita juga meminta Dinas Kesehatan melakukan vaksin sampai ke desa untuk mengurai dan mencegah terjadinya kerumunan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti mengaku terjadi keterbatasan stok vaksin di semua puskesmas. Sebab distribusi dari pemerintah pusat melalui Dinkes Provinsi Riau juga terbatas.

“Kita masih memprioritaskan vaksin dosis 2. Itupun katanya belum terpenuhi. Semoga kita nanti mendapat distribusi vaksin lebih banyak, sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” harapnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta