5 Bahan Alami Berikut Bisa Redakan Radang Tenggorokan

Terdapat sejumlah bahan alami pereda radang tenggorokan yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama.(Foto: istockphoto/Rowan Jordan)

PEKANBARU-Radang tenggorokan merupakan inflamasi yang terjadi pada bagian tenggorokan atau faring. Ada beberapa bahan alami pereda radang tenggorokan yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama.

Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena respons imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Radang tenggorokan ditandai dengan munculnya sejumlah gejala seperti sakit di bagian tenggorokan, sulit menelan, tenggorokan kering dan gatal, serta batuk.

Gejala-gejala ini dapat diredakan dengan mengonsumsi sejumlah bahan alami. Berikut bahan alami pereda radang tenggorokan:
Garam
Garam membantu mengurangi pembengkakan dan radang pada tenggorokan. Garam juga dapat membunuh kuman dan bakteri. Bahan alami ini dapat digunakan dengan mencampur 1 sdt garam dengan segelas air hangat lalu kumur-kumur sekitar 30 detik.

Lemon dan jeruk nipis
Lemon dan jeruk nipis juga dapat meringankan radang tenggorokan. Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang kuat. Kandungan ini dapat mengurangi inflamasi.

Untuk meredakan radang tenggorokan, lemon dapat dicampur dengan air hangat dan diminum. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau kecap.

Minyak kelapa
Dikutip dari Medical News Today, studi pada hewan menunjukkan minyak kelapa dapat melawan infeksi dan mengurangi peradangan.

Minyak kelapa juga menenangkan area inflamasi dan melumasi selaput lendir di tenggorokan. Satu sendok minyak kelapa dan diminum langsung atau dicampurkan dalam teh panas.

Kayu manis
Kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki kandungan antibakteri. Kayu manis sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati radang tenggorokan pada pengobatan tradisional China.

Bahan alami pereda radang tenggorokan ini dapat dikonsumsi dengan meminum air seduhan kayu manis. Kayu manis juga bisa ditambahkan dalam teh.

Madu
Madu kaya akan antioksidan yang dapat meredakan peradangan. Studi menunjukkan madu dapat menyembuhkan luka dan efektif mempercepat penyembuhan pada sakit tenggorokan.

Itulah bahan alami pereda radang tenggorokan yang dapat Anda konsumsi. Bahan alami ini dapat dijadikan pertolongan pertama saat radang tenggorokan. Jika sakit terus berlanjut segera periksa kondisi ke dokter. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia