Jorginho Terpilih Sebagai Pemain Terbaik UEFA 2021

Ekspresi Jorginho saat memenangi Piala Eropa 2020 bersama Italia. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)

ISTANBUL-Gelandang Chelsea asal Italia, Jorginho terpilih sebagai pemain terbaik UEFA tahun 2021. Dia berhasil mengungguli Kevin De Bruyne dan N’Golo Kante.

Pengumuman berlangsung di Istanbul, Jumat (27/8/2021) dini hari WIB usai gelaran drawing fase grup Liga Champions. Jorginho unggul berdasarkan jumlah voting.

Jorginho memperoleh nilai 175, unggul 8 poin dari De Bruyne yang menempati posisi kedua. Sementara peringkat ketiga diisi Kante dengan raihan 160 poin. Meski demikian, sebelumnya Kante sudah memenangi penghargaan gelandang terbaik UEFA tahun ini.

Voting dilakukan pelatih dan jurnalis. Lebih tepatnya, 24 pelatih timnas yang lolos ke Euro 2020. Sebanyak 80 pelatih tim berpartisipasi di Liga Champions dan Liga Europa musim lalu dan 55 jurnalis terpilih dari 55 negara anggota UEFA.

Sejak nominasi tiga besar diumumkan pekan lalu, Jorginho sudah difavoritkan akan menjadi pemenang. Hal itu tak lepas dari capaian pemain 29 tahun itu bersama Chelsea dan Timnas Italia.

Ia hanya absen sekali dalam perjalanan Chelsea memenangi Liga Champions musim lalu. Saat bersama Italia, Jorginho tak pernah absen selama turnamen Euro 2020. Dia menjadi pengatur serangan tim asuhan Roberto Mancini yang akhirnya membawa Italia sebagai juara.

Prestasi Jorginho tahun ini semakin lengkap setelah Chelsea memenangi Piala Super Eropa pada 11 Agustus lalu. Karena itu, wajar bila akhirnya dia dinobatkan sebagai pemenang penghargaan pemain terbaik UEFA tahun ini.

Hasil voting pemain terbaik UEFA 2021
1 Jorginho (Chelsea & Italia) – 175 poin
2 Kevin De Bruyne (Man. City & Belgia) – 167 poin
3 N’Golo KantĂ© (Chelsea & Prancis) – 160 poin
4 Lionel Messi (Barcelona, sekarang PSG & Argentina) – 148 poin
5 Robert Lewandowski (Bayern Munich & Polandia) – 140 poin
6 Gianluigi Donnarumma (AC Milan, sekarang PSG & Italia) – 49 poin
7 Kylian MbappĂ© (PSG & Prancis) – 31 poin
8 Raheem Sterling (Man. City & Inggris) – 18 poin
9 Cristiano Ronaldo (Juventus & Portugal) – 16 poin
10 Erling Haaland (Borussia Dortmund & Norwegia) – 15 poin. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom