Spesialis Bongkar Rumah Warga di Inhu Kini Harus Mendekam di Balik Jeruji Besi

oleh -211 views
Pelaku dan barang bukti diamankan polisi. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Speaialis bongkar rumah warga yang sudah meresahkan masyarakat Kecamatan Peranap diringkus Unit Reskrim Polsek Peranap, Kabupaten Inhu, Riau. Lelaki inisial MS (19) itu merupakan warga Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap dan diamankan, Senin pukul 17.00 WIB di halaman SD Desa Pauh Ranap.

Kapolres AKBP Bachtiar Alponso melalui PS Paur Humas Aipda Misran, Rabu siang menjelaskan, kasus pencurian dengan pemberatan atau curat berlangsung, Sabtu (30/10/2021) sore. Korbannya Darma (54), warga Jalan Napal Desa Gumanti.

Kejadian berawal sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, Darma pergi wirid yasin ke rumah temannya di Jalan Napal. Sebelum berangkat, Darma mengunci semua pintu rumah.
Namun saat pulang sekitar pukul 16.00 WIB, Darma langsung menuju belakang rumah untuk mengangkat jemuran.

Alangkah terkejutnya korban saat melihat pintu belakang rumah sudah terbuka dan meninggalkan bekas congkelan benda keras. Dengan perasaan gundah, korban masuk ke dalam rumah lalu menuju kamar.

Ketika membuka lemari terlihat laci kecil dalam lemari sudah menganga. Uang tunai Rp4 juta telah raib, termasuk handphone android. Padahal, handphone itu diletakan di meja tamu.

Atas kejadian itu korban langsung melapor ke Polsek Peranap. Dia mengaku mengalami kerugian sekitar Rp5,7 juta.

Setelah menerima laporan korban, Kapolsek Peranap mengintruksikan Unit Reskrim segera melakukan penyelidikan dan memburu pelaku. Beberapa hari melakukan penyelidikan, Minggu (31/10/2021) sore, tim mendapat informasi pelaku adalah pemuda berinisial MS, warga Desa Pauh Ranap.

Tim kemudian memburu MS dan Senin pukul 17.00 WIB, tim menangkap MS di halaman SD Desa Pauh Ranap.

Kepada polisi MS mengaku membobol rumah Darma dan mengambil uang tunai serta handphone android. Dia juga mengaku mencongkel gudang belakang rumah Darma dan mengambil satu boneka serya sepasang sendal wanita.

Tidak hanya itu, MS juga telah melakukan aksi serupa di sejumlah tempat. Di antaranya, di rumah Jubir di Kelurahan Peranap dan mengambil satu tabung gas elpiji 3 kg. Kemudian rumah Alex di Kelurahan Peranap juga pernah dibobol.

“Dia mengambil dua tabung gas elpiji 3 kg. Pelaku juga pernah membongkar konter handphone di Jalan Napal dan mengambil voucher pulsa serta paket data internet. Kini, tersangka dan barang bukti telah diamankan untuk proses hukum selanjutnya,” ujar Misran. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

9 / 100